Saturday, May 13, 2017

Kesan dari 30 Days Writing Challenge Jilid 5 #30DWC

Alhamdulillah. Tantangan Menulis 30 Hari dalam 30 Days Writing Challenge #30DWC jilid 5 sudah berhasil dilaksanakan. :)
Awal mulanya saya yang seneng nulis ini mikir, kok saya seneng nulis, pengen nulis buku, tapi ngga pernah follow Instagramnya para penulis ya? (Curiga kebanyakan olshop yang difollownya wkwkw).

Akhirnya saya mulai follow instagram orang orang yang suka nulis, dan ketemu akun ini : @inspiratoracd. Ternyata itu komunitas menulis yang diusung sama mas @brilliagung, yang sebetulnya saya ngga kenal-kenal amat, tapi kok familiar sama namanya. Saya lihat ada training menulis buku dalam sebulan (namanya MMO Mentoring Menulis Online) dan saya mencoba daftar.

Sayang belum rejeki, (emang belum ada budget maksudnya buat ikut kelas itu hehe) akhirnya saya hanya tergabung dalam sebuah grup whatsapp komunitas menulisnya saja. Setelah itu ada info buat ikut challenge menulis 30 hari yang berbayar, dan saya ikut.

Sedikit info, dulu saya pernah ikut 99 days One day One Post nya RB Menulis IIP asuhannya teh shanty (gratis), tapi waktu itu saya gugur ditengah jalan (malu hehe). Kalau tidak salah, waktu itu saya terlalu perfeksionis kalo nulis pengen langsung bagus, dan komunikasinya hanya via grup facebook, jadi kurang interaktif bagi saya waktu itu. Setahu saya, ODOP yang sekarang lebih keren, selain setor tulisan juga suka ada kulwap dari penulis-penulis, ada meet up acara kepenulisan, dan juga udah pake grup whatsapp buat membernya.

Nah, di 30DWC ini pakai grup whatsapp dan punya struktur organigram bertingkat (halah hehe). Dipakai istilah ini : Empire, General, Controller, Guardian, Squad, yang kurang lebih semacam kepala kepala suku gitu. Kali ini saya ambil bagian sebagai controller, tujuannya supaya kalau punya amanah itu rasanya lebih terikat, dibanding sekedar peserta.

Di 30DWC ini juga ada namanya KOUF (kuliah online untuk Fighter) isinya sharing materi dan tanya jawab supaya para calon penulis hebat ini juga makin termotivasi dan nambah ilmu kepenulisannya.

Yang seru, seriap peserta (fighter) dianjurkan untuk saling memberikan feedback pada para fighter lain. Seru loh jalan-jalan liat tulisan-tulisan orang lain. Jadi inspirasi. Hanya kita perlu meluangkan waktu ya, soalnya saya awalnya aja masih bisa. Makin kesini, posting suka mevet jadi masih keteteran buat ngasi feedback. Hehe

Evaluasinya:
- beberapa hari yang saya telat setor, dan 1 hari hutang setor. (Biasa, ketiduran -_-)
- ada tulisan yang ditulis pake hati, ada yang biasa aja. Ada yang pake referensi, ada yang engga, ada yang referensi semua hehe.
- awalnya saya ingin postingan saya bertema per 7 hari. Tapi hanya jalan 7 hari. Sisanya suka suka gueh hihi.
- belum nentuin waktu khusus per harinya. Masih random jam nya. Rerata menjelang tengah malam (deadline), atau pagi, atau pas dapet ide langsung.
- kata mas rezky, saya harusnya udah bisa mulai ngedraft kalau mau bikin buku. Udah ada ide, tapi risetnya belum sempet heheu
- Sempet 1 kali jadi moderator KOUF nya.
- ngerekap laporan poin member (salah satu tugas controller, dan kalo ngga salah ada 1 kali yang skip ga inget giliran dan di back up mba prisca)

Niat kedepannya
- ikut 30DWC jilid 6 nya.
- ikut ODOP juga ga ya? Hehe
- nulisnya lebih terarah dan fokus pada pesan yang ingin disampaikan
- coba ngedraft kerangka buku
- lebih konsisten dan komit baca aneka buku
- gali lebih banyak inspirasi dan maknanya, jangan permukaan aja.

* * *
Info tambahan, di saat yang sama, saya juga ikut mendaftar kelas menulis online seharga 399rb dengan 7 materi dari 3 mentor : teh indari mastuti, kang dewa Eka prayoga, dan kang Tendi murti. Tapi karena sifatnya materi jebret, saya malah ngga keburu ngikutin. Hadeuh. Belum manjat chanel telegramnya, padahal materi nya bagus. Harus mulai nih.

kalau mau review segi investasi,
1. ODOPfor99days gratis
2. 30DWC 99rb
3. Nulis jadi Bisnis 399rb
Saya baru lolos yang 30dwc karena lebih banyak praktek, dan jumlah harinya ngga terlalu ngagetin hehe. Ya mungkin nanti naik tingkat ya hehe.
4. MMO terakhir kemarin 1.4 jt. Saya belum ikutan belum ada budgetnya. Ini buat yang serius mau bikin buku, dalam 30 hari dibimbing banget sama mas brilliagung, dan link nya ke penerbit mayor.

Info lain bisa cari cari atau kontak aku juga boleh ^^
Jilid 6 nya udah dibuka, daftar yuk!

No comments:

Post a Comment