Monday, May 29, 2017

Menghafal Quran di Waktu Sempit

Menghafal quran di waktu sempit, itu yang saya sari kan dari pengalaman teh Salmiah Rambe. Ibu dari 4 anak yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD kota bandung itu memanfaatkan waktu waktu nya untuk bisa menghafalkan al quran.

Usianya belum genap setengah abad, masih sekitar 48 tahun, namun sudah berhasil menghafal quran di sela sela kesibukannya.

Beliau memaparkan bahwa kalau kita sudah punya cita-cita menghafal quran kita harus membuat target, dan melakukannya. Walau menghafal quran rasanya berat, tapi kalau kita breakdown menjadi aktivitas wajib harian, insyaallah lebih mudah.

Beliau mengingatkan bahwa banyak dari keseharian kita, banyak waktu-waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menghafal. Misalnya, saat menunggu antrian rumah sakit, antrian bank, saat menunggu masakan matang, setelah selesai memandikan anak, saat anak bermain, saat sedang menunggu teman, saat menunggu antrian nikahan, dan masih banyak lainnya.

Saya pribadi masih merasa hafalan saya masih segitu-segitu saja, karena bagi saya mungkin menghafal adalah suatu yang superduper istimewa, sampai satu hari bisa berlalu tanpa menghafal -_- iya, terlalu mencari waktu khusus, tapi justru seringnya waktu terlewat begitu saja.

Saya melihat teh mia ini semacam "setiap ada kesempatan mengahafal, akan dimanfaatkan." Beda dengan saya, atau kebanyakan orang yang ketika punya waktu luang lebih memilih pegang smartphone.

Saya juga pernah bertanya pada beliau di lain kesempatan, bagaimana dengan ibu ibu rumah tangga yang juga berjualan online, yang selalu pegang smartphone karena mengurus orderan. Beliau bilang itu adalah hal mulia juga, namub berpesan agar kita mengazamkan diri untuk menyelesaikan targetan dulu, sebelum melakukan aktivitas berjualan. Hanya 3 menit sebelumnya saja, dan lakukan aktivitas seperti biasa.

Beliau juga berpesan, agar para ibu-ibu yang masih "rempong" punya anak anak kecil, untuk menikmati masa masa itu. Karena nanti setelah anak besar dan sudah tidak di rumah, kita akan merasa rindu dengan masa masa itu. Nikmati saja.

Senin 29 Mei 2017
Hajah Sofyamarwa R.

#30dwc #30dwcjilid6 #30dwchajah #day12

No comments:

Post a Comment