Thursday, July 2, 2015

[WUB JABAR] Daftar Wirausaha Baru Jawa Barat 2015

Alhamdulillah, ini sharing sedikit pengalaman waktu ikut serta dalam pelatihan Wirausaha Baru Jawa Barat 2015.

1. INFORMASI, DAFTAR, SELEKSI DAN WAWANCARA
Info pertama program ini didapat dari grup whatsapp Pengusaha Kampus 2 Bandung. Tahun sebelumnya sempat tahu juga karena kakak perempuan saya tadinya mau ikut (tapi gajadi hihi).

Proses pendaftarannya cukup mudah, mengisi formulir via online, menyertakan beberapa dokumen identitas dan proposal prasyarat. Apakah saya sudah punya bisnis? Kalau jualan biasa sih sudah, tapi mendirikan dan menjalankan bisnis sendiri mah belum :")

Saya ingat, saat itu beberapa file baru saya upload di detik-detik terakhir pengumpulan, tanggal 15 maret. Bahkan karena ada syarat SKCK (belum buat), saya pasrah aja ngga jadi ikut hehe. Udah pasrah ngga bakal lolos seleksi administrasi. Tapi tahukah? Beberapa pekan setelah itu saya dihubungi untuk mengikuti test di kantor dinas UMKM sekaligus interview, katanya server mereka down, (kesamber petir apa ya) jadi database mereka pada kacau. Setelah saya konfirmasi dan jujur bahwa saya belum ngapload beberapa file, Alhmdulillahnya saya diijinkan untuk ikut ujian test dan interview pada tanggal 8 april.

Ujian testnya ngga makan waktu lama dan dilakukan di aula lt. 2. Yang lama itu giliran interview nya. Sejak jam 7 disuruh standby, jam 14.30 baru selesai hehe.

Interviewer saya waktu itu adalah pak meriza. Setahu saya seorang dosen, konsultan, dan narasumber yang suka nangkring juga di layar Bandung TV. Orangnya kalem, enak juga diajak ngobrol, pertanyaan-pertanyaan beliau cukup menohok bagi saya yang cupu banget dalam dunia perbisnisan hehe -_-

2. PELATIHAN SELAMA 5 HARI
Lama tak ada kabar, sayapun pasrah (lagi) hehe. Ya mungkin belum jodohnya, pasalnya waktu interview saya berbarengan dengan 5 orang yang sudah menjalankan bisnisnya (lha saya baru ide bisnis dan belum mateng._.). Iseng-iseng buka websitenya, ternyata saya termasuk yang lolos ke tahap selanjutnya, pelatihan wirausaha selama 5 hari di kantor balatkop pada tanggal 23-27 Juni 2015! Alhamdulillah :)
Saya masuk di angkatan 13, kelas A, tipe wirausaha 0 tahun yang masih berupa ide bisnis hehe:)

Tahap selanjutnya adalah pendampingan bisnis. Teknisnya belum ada pemberitahuan lagi. Saya cuma bisa berdoa semoga allah mampukan saya merealisasikan hal ini, bersamaan dengan detik-detik penantian kelahiran dede janin september nanti, insyaallah :) bisa atau tidak nantinya, semoga ngga melalaikan apa-apa yang menjadi kewajiban, semoga tetap menjalankan yang prioritas dengan baik :)

Aamiin
Lanjut postingan selanjutnya ya! :)

13 comments:

  1. Assalamu'alaikum...
    yg kemaren ndak hadir gimana yah? ada halangan euy...mohon info

    ReplyDelete
  2. Waalaaikumsalam wrwb
    Maaf banget baru kebaca mas.
    Kalau ngga hadir, langsung kontak ke pihak balatkop aja mas. Bisa via sms (ke nomer yg suka sms) atau dateng langsung.

    Sodara saya juga berhalangan hadir, jadi sblm waktunya dia konfirmasi datang kesana.
    Katanya ngga apa apa, tp kita akan dapetin bbrp fasilitas yg emang udah hak nya (tas, dan "ongkos" pengganti transport). Terus jg perlu menandatangani bbrp kali untu data administrasi. Krn dana untuk platihan ini sudah dianggarkan da mrk kan di audit jadi mmg sbaiknya sluruh psrta hadir.

    Kalau ada surat pemindahan lokasi ke bali dan membayar sejumlah uang, itu penipuan ya mas, jangan dipercaya :) konfirmasikan saja ke balatkop, krn kmrn sempet rame juga. :)

    ReplyDelete
  3. Assalmualaikum
    Mba,mohon infonya.saya br akan pelatihan tgl 8 sept ini.selama 5hr kegiatannya apa saja mba?apakah full teori dlm kelas?dan apakah setiap hrnya kegiatannya padat?

    ReplyDelete
  4. Waalaikumsalam wrwb mba ratna :)
    Ini sedikit gambaran waktu saya ikut pelatihannya. http://www.hajahsofya.com/2015/08/wub-jabar-serunya-5-hari-pelatihan.html?m=1

    3 hahri pertama rata rata memang seacam kuliah di kelas masing masing sejak pagi. Break saat waktu shalat. Dan sorenya ada kelas besar di aula. Krn saya ikut saat ramadhan, jadi malam tidak ada agenda lagi selain ada snack malam hehe. Kaau hari biasa, katanya suka ada agenda juga di malam hari

    Hari 4 simulasi dengan berbagai bisnis game yang seru. Hari 5 karena saya bidang jasa salon, makan ada beauty class. sore nya apel penutupan.
    Klau bidang makanan, kemungkinan mengunjungi tempat produksi makanan.

    Insyaallah sejak awal hari diberitahu rundown nya, ditempel di depan kelas masing masing.

    Pelatihannya besok ya? Selamat menimba ilmu da menjalin networking, smg lancar berkaah ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum..
    Salam kenal mba,, sy maya.. Saya jg ikutan WUB jabar. Pelatihannya paling terahir, nanti blknndesember insya Allah.
    Mba, sy mau tanya, barang2 yg perlu di bawa untuk pelatihan apa aja ya? Kayanya di webnya ga ada ya..
    Oiya, ada waktu free ga ya buat jalan2..? Hehe
    Share2 pengalaman lg dong mba waktu pelatihan gmn.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba maya :D

      Ini salah satu share pnglmn yg prnah sy posting http://www.hajahsofya.com/2015/08/wub-jabar-serunya-5-hari-pelatihan.html?m=1

      Kalau barang yang dibawa standar aja ko mba, pralatan pribadi yg buat menginap. Krn kan kamar sudah dsediakan, awal pendaftaran ulang juga kita dapet tas ransel hitam yg isinya notes, pulpen, dan materi.

      Paling untuk acr opening dan closing mesti pake baju putih dan bawahan hitam.

      Untuk jalan2 paling pas waktu istirahat solat mba, sisanya lmyn full kalo ga di kelas, di aula.
      Ato mungkin pas malem kalo mau jalan jalan hihi.

      Ada yang mau ditanyakan lagi?
      Maaf ya baru buka blog lagii
      Smg bermanfaat :)

      Delete
  6. Assalamuallaikum, salam kenal teh. Sy baru ikutan acara psikotes wub kemarin di bakorwil, daerah garut. Biasanya pngumuman lolos k thap selanjutnya itu lama ga ya teh? Apa dkasih tau by sms atau email. Wktu tth dulu.? Nuhun ya teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb wah maaf baru buka blog lagi. Ga terlalu lama kok, seinget saya mah pengumuman via web, jadi mesti rada rajin ngunjungi webnya :)

      Delete
    2. Waalaikumsalam wrwb wah maaf baru buka blog lagi. Ga terlalu lama kok, seinget saya mah pengumuman via web, jadi mesti rada rajin ngunjungi webnya :)

      Delete
  7. Assalamu'alaikum,
    Salam kenal juga teh,,
    pertanyaan yg sama teh.. Sy ikut phsycotest tgl. 12 Des 2015.
    Tapi sy bingung dah hampir.. 2 (dua) minggu ini msh blm ada
    pengumuman hasil testnya.....??

    Menurut teteh bgm.. Sewaktu teteh ikut test, apakah pengumuman
    Hasil test nya selama ini.. Diinfonya via sms, email, apa koran PR?

    Makasih banyak yaa tth, salam sukses dari saya..

    Wassalam,
    Arief

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrwb salam kenal ya mas maaf baru buka blog lagi. Seiget saya via web pengumumannya. Mesti rajin visit web biar ga kelewat. Sempet pernah ad pengumuman via sms, tapi itu krn di bandung lagi ad masalah teknis, jadi di sms in gitu. Yg paati kalo dapet surat buat pelatihan ke bali atau temapat lain, kroscek dulu ya. Soalnya pernah ada yang ketipu.

      Delete
  8. assalamualaikum teh maaf mau tanya apakah setelah pelatihan kita mendapatkan modal usaha??
    Thanks.

    ReplyDelete
  9. Berapa transport dan uang saku nya teh

    ReplyDelete