Thursday, January 14, 2016

Bawa Anak Bayi ke Seminar

Ini kali kedua haidar ikutan bunda seminar. Ternyata kini kalo mau ikutan acara, mesti dimulai dengan pertanyaan pembuka : saya boleh bawa anak ga, mba? Hehe.

Seminar Tabloid Nakita di RS Limijati
Waktu usia 2,5 bulan bunda "nekat" bawa haidar ke seminar dari nakita di RS Limijati, topiknya tentang kesehatan kulit bayi. Namanya juga emaknya pingin belajar, jadi ya daftar aja. Padahal dalam lubuk hati terdalam masi was-was, ini bayi apa apa gak ya dibawa keluar?

Saya termasuk yang woles orangnya, jadi panik karena justru orang sekitar yang ngewanti-wanti (ngingetin), trus jadi bingung apakah itu sebuah hal lazim atau engga. Hehe. Waktu itu santai aja karena haidar masi doyan tidur dan default acaranya emang penuh keramaian bayi dan anak-anak yang lari kucar-kacir. Aman bawa anak2. Haidar pun bisa digolerin di kursi sebelah dan tidur sentausa. Usia 2,5 bulan belum banyak pergerakan berarti dan belum bersuara. Haus tinggal mimi, dan ngga ada suara ribut. (Kalah sama suara anak2 usia tahunan). AMAN.

Seminar Gerakan Gadget Sehat di Ged Fk Unpad Eykman
Ketika dapet kesempatan freepass ikutan seminarnya bu Elly Risman, saya langsung ijin suami dan daftar diri. Alhamdulillah. Sampai pada H-1 baru sadar kalau acara seminar itu ada ketentuan untuk "tidak membawa anak ke dalam ruangan, agar suasana kondusif". Saya hanya punya 2 opsi : batal dan cari pengganti, atau nitipin haidar plus mimi ASI nya. Kenyataannya saya pingin banget dateng, dan ngga punya stok asip.
Nahloh. Akhirnya saya tanya sama contact person nya, boleh bawa anak atau ngga. Alhamdulillah katanya boleh, maksimal usia 2,5 tahun.

Sayapun berangkat bawa haidar pake gendongan depan (ini gendongan yang bisa bikin kedua tangan saya bebas ngapa-ngapain). Dalam hati saya yakin, insyaallah haidar ngga rewel (walaupun tetep was was)

Saya hampir bisa bilang bahwa saya adalah satu-satunya emak-emak yang  nekat bawa anak (padahal di e-ticket nya gaboleh), sebelum teh Elma dateng bawa bayi juga. Fyuhh.. berasa punya temen sehati gitu rasanya.

Baru saya sadari ternyata kebijakan itu muncul karena lokasi ruang seminar yang memang kurang mendukung aktivitas anak-anak. Auditorium gd FK unpad itu semacam bioskop yang sangat nyaman buat mendengarkan materi, tapi kalo buat anak-anak kurang bebas. Selain itu juga, peserta emang butuh keseriusan buat nyimak materinya.

Haidar (4m) gimana?
Usia 4 bulan ini haidar lebih aktif bergerak, perlu ganti posisi dari tidur telentang-tengkurep, agak duduk ditopang, gendong berdiri. Jadi kalau dalam waktu lama, lama-lama gelisah dan nangis. Dilema nih jadi emaknya, antara ngga mau ketinggalan materi, tapi ngga mau ganggu peserta lain juga.

Kalau dulu jarang bersuara, sekarang lumayan suka mengoceh, dan mainin ludah (bunyi!). Walhasil emaknya panik juga takut bunyi rame. Hihi

Sejak seminar jam 8 sampai 14.30, haidar cuma bikin emaknya keluar selama 30 menitan buat regang2 badan. Sebelum akhirnya keluar, anaknya emang gelisah karena emang udah bosen badan.
Materi kak mumu alhamdulillah dapet walau kepotong di akhir, kalo pas materi bu elly risman, haidarnya waktunya bobok  jadi damai sentausa nyimak materi nya hehe :)

Jadi gimana?
Saya jadi dikuatkan ketika bu Elly bilang tentang kelekatan anak-ibu pada fase-fase awal kehidupannya. Istilah bu elly "mata masih jereng udah pisah sama payudara ibunya". Seenggaknya keputusan saya ini ga salah (walau ngerasanya tetep aja was was)

Buat yang anaknya udah gedean dikit, biasanya ada kids arena dengan pengawas2nya ko.

* * *

Nah kalau udah seharian di luar gitu dan tidur, siap siap aja malemnya kalo dedek nya cenghar ngga tidur2 hehe xD

* * *
Sharing sama teh elma yang anaknya udah 4, ya memang begitulah katanya. Emaknya pingin belajar, jadi dibela belain. Berharap pas waktunya seminar dedeknya mau bobo nyenyak hehe

* * *

Semakin sadarlah kalo saya udah jadi emak-emak :D
Semangat maak! Belajar Terooos !

#OneDayOnePost
#ODOPfor99days
#day8

11 comments:

  1. Hajaah.. seneng baca tentang semangat nuntut ilmu buat newbie mother.. sering2 nulis ya.. buat inspirasi aku nantii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih menanti tulisan tulisan teteeh :D makasi ya teeh :D

      Delete
    2. Lebih menanti tulisan tulisan teteeh :D makasi ya teeh :D

      Delete
  2. Anak ngak jd halangan untuk terus belajar ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbaa, justru belajar buat kebaikan anak juga :D makasi ya uda brkunjung kemari

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. jempol dweh...., saya juga pernah sekali ngajak ikhfan yg waktu itu berumur 9 bulan di seminar pijat bayi. Ya kadang rewel kadang mau juga anteng selama seminar. Semangat deh buat cari pengetahuan..
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sama ya mbaak hehe, iya mesti semangat ya, salam,kenal juga ya mbaak, sneng deh udah mampir sini :)

      Delete
    2. Waah sama ya mbaak hehe, iya mesti semangat ya, salam,kenal juga ya mbaak, sneng deh udah mampir sini :)

      Delete