Thursday, January 7, 2016

[REVIEW] The Pregnancy and Baby Book : Buku Pegangan Calon Ibu Baru

Niat hati mencari buku yang lain, saya malah menemukan buku The Pregnancy and Baby Book dari tumpukan kardus yang teronggok di kamar sebelah. Buku ini saya beli semasa hamil, setelah galau-galau 3 jam untuk memutuskan akan beli buku yang mana di gramedia :") (pingin semua tapi kan nyesuain budget voucher buku hehe)

Buku ini berisi pengetahuan mengenai masa kehamilan, melahirkan, bayi dan perawatan anak dari 0-3 tahun. Sebenarnya saya belum bisa merekomendasikan apakah buku ini tepat untuk kalian karena saya belum punya  san khatamin buku sejenis untuk pembanding. Tapi selama hamil, selain googling, saya baca buku ini tiap step nya, jadi lebih tau perkembangan janin, theoritically. Hehe.

Buku ini merupakan buku terjemahan dari penerbit DK (Dorling Kindersley) Limited di london, mungkin hal itu yang membuat saya merasa buku ini agak asing dan baku, bukan bahasa keseharian indonesia. Mungkin terasa bedanya kalau dibandingkan dengan buku-buku serial ayah bunda yang lebih indonesiawi. Hehe. Tapi bagusnya, banyak juga dapet info2 global tentang kondisi di negara2 lain.

Buku ini dilengkapi juga dengan milestone tiap tahapan usia (janin, bayi 0-3-6 bulan, bayi 6-12 bulan, balita 12-24 bulan, batita 2-3 tahun).
Yang saya suka dari buku ini, bukan cuma pengetahuan biologis tentang janin, tapi juga ada artikel2 yang sifatnya psikologis. Menurutku itu penting buat nyiapin mental kita sebagai orangtua. Ngasih makan aja toh ngga cukup kan ya.

Hal lainnya yang saya suka, bahasannya lengkap. Mungkin ga terlalu dalem buanget, tapi komprehensif. Seenggaknya kita yang baru mau jadi orangtua jadi tau ada hal hal semacam itu.

Alasan final saya membeli buku ini  ternyata karena design nya yang unyu unyu (?) hihi. Yap, jiwa doyan-desain saya masih mendominasi saat itu. Hard cover nya bikin buku ini gabisa saya bawa kemana2 (berat, baca dirumah aja) dan full colornya bikin mata saya betah. Infonya banyak disajikan dengan gambar yang menggambarkan garis besar topiknya. Tapi selain gambar, ada juga halaman-halaman yang isinya lebih banyak tulisan (rasa majalah).


Menurut saya, buku ini cocok dijadiin temen buat nambah pengetahuan calon ibu. Kekurangannya, buku ini guede jadi ngga bisa kubawa bawa karena berat hihi. 
Selengkap lengkapnya buku, ga semua hal ada disana. Bisa kombinasiin dengan buku lain, tanya mamah bapak kita, tanya yang ahli, tanya pengalaman temen2 yang udah ngalamin.

Oh ya harga buku ini sekitar 295ribu, insyaallah ga nyesel belinya.
Sehini dulu deh, kalau nemu lagi insyaallah di apdet.
Kalo menurut kalian, buku yang asik buat nemenin masa hamil apa aja, kenapa?

***
Special thanks pisan to temen temen al hayaat yang ngasi hadiah nikahan voucher buku (alhamdulillah pisan) jadi bisa beli buku yang dibutuhiinn :D
#OneDayOnePost
#ODOPfor99days
#day3

- RaBUKU : Rabu Buku :D -

5 comments:

  1. Kebetulan semalem dari toko buku lihat ini buku, udah mau saya bungkus eh tapi calon mama nya anak2 bilang ntar aja di gramed yang agak lengkap. Akhirnya ga jadi beli, tp masih kepikiran sama ini buku.
    Kebetulan nemu reviewnya, lumayan deh buat lebih meyakinkan buat bungkus kalo jalan ke toko buku lg. hehehee
    Makasih atas reviewnya yaaaa, sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mau dijual ga mba? Di gramed udah susah nyarinya. Butuh buat kehamilan pertama

    ReplyDelete
  5. Mba kalo mau dijual boleh... lg nyari juga...

    ReplyDelete