Friday, January 22, 2016

DIY Buku Agenda Pribadi

Monthly planner 2016

Apapun di dunia ini punya sistemnya masing-masing. Bisa sama, bisa beda, tapi masing-masing akan punya ciri tersendiri. Begitu juga dengan cara kita memenej diri kita sendiri. Kali ini saya memulai dengan membahas buku agenda saya.

Saya juga bingung menyebut ini apa. Sebut sajalah buku agenda. Buku agenda ini memudahkan saya mengetahui jadwal terdekat, janji bertemu, quotes, targetan, agenda kegiatan, catatan penting lainnya atau untuk mengabadikan momen tertentu. Selain tanggalan, bisa diisi juga dengan hal lain seperti siklus menstruasi, riwayat sakit, dll. Saya membuatnya perbulan dalam bentuk tabel agar mudah dilihat saja.

Itu bikin sendiri?
Yap. Silakan anggap saya embak-embak ribet. Hihi. Tapi sejauh ini saya selalu bikin sendiri. Entah digaris manual pada kertas hvs, atau di print. Padahal yang jual jadi juga mungkin ada, tapi sejauh yang pernah saya coba, jadinya ga kepake. Semacam agak kurang pas aja dipake pribadi. Udah ada template, tapi  malah jadi males nulisnya Kalau bikin sendiri kan kerasa keringetnya juga, jadi kepake deh hehe.

Kok bikin  segala? Kan gituan ada di henpon?
Bagi saya pribadi, berbeda antara menulis di kertas asli pake pulpen dengan menulis dalam digital. Saya mungkin masih konvensional, tapi percaya ada kekuatan tersendiri di setiap pahatan tulisan tangan (wkwkwk naon)

Cara buatnya?
Saya cuma butuh kertas hvs polos (bisa berwarna juga), perekat (dobeltip solatip), bahan cover, microsoft excel, dan printer. Ditempelin Kalau kita bandingin agenda saya sejak tahun 2014, ada perubahan. Ada yang make kertas warna (spectra) ada yang pake hvs. Ada yang di print, ada yang kerajinan digarisin sendiri. Ada yang udah lecek ga pake cover, ada yang kerajinan dikasi cover. Hehe. Edisi 2016 ini pake hvs biasa, covernya pake karton bekas kado trus dibungkus pake kertas kado hello kitty (yeah!) *bahagia*

Buku agenda ini menurut saya..
Bermanfaat buat saya. Kalau bikin janji atau acara, jadi tau kapan kosong kapan lowongnya. Karena dibuat langsung setahun, kalau ada janji beberapa bulan kedepan jadi ngga lupa, tinggal catet. Kalau ada perlu buat nginget-nginget suatu hal pun lebih mudah. 

Karena dalam bentuk tabel perbulan, jadi lebih terbayang kegiatan minimal sebulan kedepan. Kegiatan juga terdokumentasikan.

Saya cuma ngebayangin 40 tahun mendatang, bakal numpuk dong itu 40 buku. Hihi. Belom sama buku catetan  saya lainnya yang segambreng-gambreng tea. (Ngga tega buangnya hihi)

Saya yakin cara saya ini bukan yang terbaik (pastiii), ini cuma apa yang saya lakuin. saya berharap banget bakal banyak yang juga sharing tentang cara ngemenej diri.
Dan kemungkinan agenda kali ini juga bakal beda dengan tahun tahun sebelumnya yang diisi dengan banyak agenda di luar. Sekarang kan udah punya haidar, jadi mungkin ga bakal sering kucar-kacir. Eh ya tapi nggak tau juga ya. Hihi.

Karena intinya bukan mengisi waktu dengan kesibukan, tapi bagaimana kegiatan yang kita lakukan bisa produktif.

*peer pribadi : membuat semua catatan dan tools menejemen diri dan rumah tangga yang sederhana. Ya, SEDERHANA. Ga belibet kebanyakan kertaaasss. Hehe

Kalau kalian gimana? Sharing dong :D

#ODOPfor99days
#day11

Isi dan cover buku agenda saya dari tahun 2014-2016

6 comments:

  1. Lucu banget! Tiap tahun saya keliling nyari agenda yang ideal di toko buku. Tapi nggak pernah nemu. Kayanya iya deh, harus buat sendiri. Cuma gimana caranya itu bisa dijilid jadi buku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe itu manual banget teh shant bikinnya hihihi. Print biasa dalam 1 halaman. Nah buat nyatuinnya, pake dobeltip. Nanti halaman yg kosongnya disatuin dgn lembaran yg lain. Tar cover depannya pake karton putih ato kertas kado deh hehe.

      Delete
    2. Cara lainnya, pas ngeprint, kosongin bagian tengah buat di hekter. Hehe tapi spacenya mengecil dikit jadinya

      Delete
    3. Cara lainnya, pas ngeprint, kosongin bagian tengah buat di hekter. Hehe tapi spacenya mengecil dikit jadinya

      Delete
  2. Tiap tahun bikin sendiri teh? Waah salut niat pisan euy. Bener juga sih kalau agenda yang di toko-toko suka nggak pas dan nggak sreg gitu. Giliran ada yang sreg eh nggak sreg di kantong hehe. Masa agenda bisa sampe ratusan ribu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya diani bikin sndiri hehe. Sbnrnya emg bnyk yg bagus, tapi mihilz hihi. Trus dlu jamannya pake organizer kecil, tapiIkekecilan. jadi manual aja deh bikinnya. Hehe

      Delete