Monday, April 24, 2017

Teman "Offline"

Banyak sekali perubahan yng terjadi akibat adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat. Generasi menunduk, katanya. Saat ini rasanya begitu sulit terpisahkan dari gadget nya masing-masing. Yang jauh jadi terasa dekat. Yang dekat terasa jauh.

Saya termasuk yang sangat merasakan perubahan itu. Banyak sekali kemudahan yang didapat dari kemajuan teknologi ini. Kini kalau kita butuh sesuatu, bisa dibilang semua bisa diakomodasi oleh sebuah aplikasi di smartphone kita. Pembelian pulsa, pesanan transportasi, pembelian makanan, pengantaran barang, mengaji, mendengar ceramah, mencari informasi, berdiskusi dengan teman satu grup, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Beberapa fenomena yang saya alami secara pribadi :
1. Kalau dulu saat sedang ada pertemuan, pulang bersama sering jadi opsi dan diusahakan, sekarang ada transportasi online, semua masing-masing.
Mungkin ini tak berlaku pada semua pertemuan. Tapi ini saya alami betul saat sedang ada pertemuan dengan komunitas baru. Dengan tingkat pertemanan yang belum dekat, ditambah secara pribadi masih malu-malu, pesan transportasi online sudah jadi solusi. Entah gr*b, entah goj*k. Pesan ojek online masing-masing menunjukkan bahwa masing-masing orang tidak akan merepotkan orang lainnya.

Intinya masing-masing bisa pulang, tanpa perlu peduli yang lainnya akan pulang dengan cara apa, atau kemana. Kalau dulu, setidaknya kita harus berjalan dulu ke suatu tempat bersama, lalu menaiki angkutan yang ada. Begitu ya?

2. Pertemuan dengan kawan yang lama tak berjumpa kadang rasanya masih "segan". Selama tak bertemu, mungkin kita saling terhubung dalam sebuah grup whatsapp, atau telegram misalnya. Tapi saat bertemu dengan teman offline kita (padahal ini artinya teman sesungguhnya), tetap perlu pencair suasana. Wajar sih ya.

Saran dari saya (khususnya untuk diri pribadi), benar-benarlah silaturahim secara online person to person. Kalau secara offline mungkin hentikan dulu sejenak aktivitas online nya, dan rasakan betul nikmat silaturahimnya.

Minggu, 23 April 2017
Hajah Sofyamarwa R.

Penulis adalah seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari memang lebih banyak beraktivitas di rumah bersama anak. Sesekali saja  dapat melakukan temu muka dengan teman-teman.

#30dwv #30dwcjilid5 #day 13

No comments:

Post a Comment