Sunday, April 16, 2017

Daya Gerak

Ada sesuatu yang mungkin tak kita pahami tentang orang-orang yang begitu kokoh dengan keyakinannya, terhadap tuhannya. Hati, kata, gerak, sikap, semua mantap, seolah tak gentar melawan apapun. Padahal tuhan kita sama, dan kitapun mungkin juga melakukan hal yang sama. Apa bedanya?

Kita tahu, ada orang yang geraknya terlihat mantap. Namun ketika ujian datang, tubuhnya gamang. Ia sekedar tahu sedikit, tapi keyakinan belum mantap dalam dirinya. Tak lama ia akan menghilang

Ada pula yang tahu segalanya, terlalu banyak tahu sampai tak bisa beramal apa-apa. Kekayaan ilmu nya tak membuatnya banyak beramal, bahkan ilmunya tak membawanya pada keyakinan hakiki.

Iman.
Mari kita tengok kembali kadar keimanan kita. Yang tak bisa dilihat, namun cukup bisa dirasa. Yang tak bisa diukur, namun bisa kita uji. Yang seharusnya bergetar saat namaNya disebutkan. Yang seharusnya menjadi energi dari setiap aktivitas fisik kita.

Ibadah wajib kita, ibadah sunnah kita, apakah sudah mendekatkan kita pada Nya ? Apakah membuat kita semakin cinta dan dicintai-Nya ? Ataukah sekedar gerak tanpa makna yang tak menjadikan kita menjadi lebih kuat ? Apakah sudah melindungi seluruh aktivitas kita ?

* * *

Bukhari meriwayatkan dari abu hurairah, ia berkata bahwa rasulullah bersabda : Sesungguhnya Allah berfirman :
Siapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku memproklamirkan perang terhadapnya. Tidaklah hamba Ku mendekatkan diri kepada Ku dengan amalan yang lebih aku sukai daripada dengan mengerjakan ibadah yang telah aku fardhukan atasnya.
Hamba ku yang senantiasa mendekatkan diri kepadaku dengan ibadah sunnah, niscaya aku mencintainya.
Jika aku telah mencintainya, aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, menjadi penglihatannya yang dengannya ia melihat, menjadi tangannya yang dengannya ia berbuat, dan menjadi kakinya yang dengannya dia berjalan. Jika dia meminta kepada Ku, niscaya aku akan memberinya, dan jika dia memohon perlindungan kepadaku, niscaya Aku melindunginya.

* * *

Minggu, 16 April 2017
Hajah Sofyamarwa R

#30dwc #30dwcjilid5 #30dwchajah #day6

No comments:

Post a Comment