Saturday, April 8, 2017

Kamu Istri yang Pundungan atau Baperan? Coba Baca Ini.

Merasa jadi istri yang baperan, pundungan? Coba baca ini ya. 

“Kehidupan setelah menikah itu bukan untuk menuntut hak, tapi untuk menjalankan kewajiban. Perjanjian kita hakikatnya sama Allah, bukan sama pasangan kita. Pada akhirnya kan yang dihisab adalah sejauh mana kita berikhtiar menjadi yang terbaik, menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya, bukan sekedar menuntut hak apa saja yang sudah kita dapatkan.”

Semoga Allah merahmati seorang ustadz yang memberikan pernyataan itu dalam ceramahnya di sebuah acara TV Damai Indonesiaku. Saya bahkan tidak tahu namanya, sekedar tak sengaja mendengar sesaat sebelum saya menjemur pakaian di siang hari.

Tapi bagi saya itu pukulan telak. Jleb!

Setelah menikah, muncul pertanyaan dalam diri saya, kenapa saya itu begitu pundungan? Hehe. Iya, saya sendiri juga heran. Rasanya ko aneeh sekali. Namun kemudian saya berpikir mungkin itu karena adanya kesenjangan antara harapan-harapan kita sebelum menikah dengan realita yang ada setelah menikah. Percayalah insyaallah pasanganmu saat ini memang sudah yang terbaik yang Allah berikan, hanya saja mungkin kau yang belum memahaminya. Memahami dirinya, memahami formulasi hubungan antara kalian. Maka benarlah nasihat ini : sabar dan syukur.

Kehidupan semakin menarik ketika Allah mengamanahkan kita seorang anak. Muncul lagi konflik antara ekspektasi terhadap pasangan, dengan realita yang ada. Padahal pasangan kita sudah memberikan yang terbaik yang ia bisa. Dari situ saya juga semakin bertanya-tanya, “Ko saya pundungan ya? Ko gampang baperan ya? Ko rasanya ada ganjalan ya?” Introspeksi pun harus dimulai.

APA YANG SALAH YA?
1.      Kurang ibadah
2.       Kurang ikhlas
3.       Kurang ilmu
4.       Kurang sabar
5.       Kurang syukur
6.       Kurang deket sama Allah
Astaghfirullah.  Banyak kurangnya :( 

Realitanya memang ada jenis-jenis manusia yang belum baik dalam menjalankan perannya sebagai suami/istri, namun ketika kita belum bisa lapang dengan yang terjadi, menurut saya memang hal itu yang sering terjadi. Dan anehnya (namanya manusia), setelah tau penyebabnya boleh jadi ngga bisa langsung bener-bener bertobat. Mungkin ada ikhtiar memperbaiki kualitas ibadah, perbanyak, cari ilmu, dengerin kajian-kajian, berusaha ikhlas, dll. Tapi ya hidayah kan Allah yang beri, jalannya bisa dari mana aja.

Contoh kesenjangan antara harapan dan kenyataan:

Pundungnya saya tuh dulu suka diem aja. Padahal suami ngga suka saya diem sambil pundung. Padahal saya kalo pundung emang diem. Gimana itu ? Saya ngga mau ngalah karena merasa itu cara pundung saya. Tapi disisi lain, kan kita ingin suami seneng, masa hal yang ngga disukain malah dipiara? Pokonya waktu itu pusing deh saya hehe.
Saya kalau ngerasa ngelakuin kesalahan akan nanya ke suami berkali-kali biarpun dia udah jawab “Ngga apa-apa”. Sementara suami terganggu karena saya nanya berulangkali dan ngga percaya kalau beliau beneran ngga apa-apa.
Di sisi lain, saya kalau pundung justru pingin ditanya-tanya, malah suami Cuma nanya sekali, dan ketika kita bilang ngga apa-apa, mereka akan berhenti bertanya. Padahal saya maunya ditanyain terus haha.
Keduanya melakukan hal yang sebagaimana ia ingin diperlakukan. Berita baiknya, mengubah habit perlu waktu ya ngga bisa instan.Remeh ya problemnya? Tapi ya begitulah.

Nah, hal menarik yang saya pribadi syukuri adalah, ketika dapat  tausiyah dari ustad itu (yang bahkan saya ngga tau siapa), saya semacam dapat pencerahan.

“fokus pada kewajiban, bukan menuntut hak.”

Semenjak itu, bersamaan dengan tekad yang udah saya sampaikan juga ke suami bahwa saya akan woles dan ngga baper berlebihan, mode pundung udah ngga pernah saya lakuin lagi, beneran. Ini baru berjalan sekitar sepekan sih, hehe. Tapi Alhamdulillaaaah banget, lebih ringan.

Pelajaran yang bisa saya ambil:
1.       Fokus sama kewajiban diri, bukan menuntut hak
2.       Hidayah bisa datang dari siapapun bahkan dari yang ngga kita sangka

Sekian dari saya, tulisan ini sama sekali bukan untuk menggurui, semata-mata dibuat sebagai dokumentasi dan pengingat pribadi, dan syukur-syukur kalau bisa bermanfaat buat yang membaca. Semoga semakin dikuatkan dalam beraktivitas hanya karena Allah.
Sharing ya mak, cara ngatasin kebaperan dan kepundungannya ? hehe

Hajah Sofyamarwa R
Sabtu, 8 April 2017

*Pundung itu dalam bahasa sunda, artinya kurang lebih sakit hati karena tersinggung, mudah tersinggung.


6 comments:

  1. Tfs Bu Hajah, dulu saya pundungan dan cengeng, tapi Alhamdulillah setelah nikah saya dididik suami agar jadi Istri yang ga mudah pundungan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mak sandra, bentuk didikan seperti apa mak supaya ngga mudah pundungan itu ? Hehe.
      Biasanya proses nya bersimbah air mata kayanya hehe

      Delete
  2. Pundungan siih...uda engga kayanya.
    Kalo pasang - surut dalam rumah tangga mah..wajar menurut saya.

    Etapi,
    Memang ((kayanya)) saya orangnya easy-going...gak gampang ngambek.


    Heehe...alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tehh. Hajah mah dlu juga mikir gitu, emang org nya woles, tp stlh nikah mungkin minta perhatian lebih aja kali ya jadi gampang pundungan ahaha. Tp insyaallah skrg mah ngga da. Kembali woles sajah hehe

      Delete
  3. Saya apa ya :)
    pundungan sudah nggak sih, baperan mungkin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baperan itu bagian dari wanita mungkin ya (?) hehe
      Yang penting kadarnya ga berlebihan aja mungkin ya hihi :D

      Delete