Sunday, June 4, 2017

2 Prinsip Yang Perlu Diketahui Terkait Ibadah dan Muamalah

Dalam menjalani hidup, kita perlu panduan agar hidup kita dapat dijalani dengan baik.

Dua prinsip yang kemarin saya pelajari adalah tentang bagaimana kita beribadah, dan bermuamalah (dalam kegiatan sehari-hari).

Menurut saya ini sederhana, tapi sangat perlu diketahui oleh seorang muslim. Kenapa sih penting? Kita tahu bahwa beribadah adalah kewajiban setiap manusia yang Allah ciptakan. Dan bermuamalah adalah sesuatu yang juga tidak lepas dari kehidupan kita. Maka, dengan tahu prinsip ini, kita lebih mudah menyaring/memilih hal mana yang memang perlu dilakukan, mana yang benar mana yang salah.

Prinsip yang pertama :
Semua ibadah itu batal, kecuali ada dalil yang menghalalkan.

Prinsip yang kedua :
Semua muamalah pada dasarnya boleh, kecuali ada dalil yang mengharamkan.

Kedua prinsip ini saya dapat kan dari sebuah buku berjudul al ishlah yang disusun oleh Ust A. Zakaria. Saat ini, buku tersebut menjadi salah satu buku yang saya dan suami pelajari karena isinya yang cukup komprehensif tentang islam.

Saya merasa tercerahkan, karena baru tahu. Adakah teman teman yang baru tahu, atau sudah lama tahu juga ?

* * *
Awal melihat cover buku itu, saya tidak terlalu tertarik, saat melihat daftar isinya pun rasanya "buku agama banget". Tapi  ternyata, menurut saya apa yang disampaikan dalam buku itu menyangkut hal hal prinsip dalam beragama islam. Kita kan kadang banyak mencari-cari sumber ilmu, yang kadang sulit untuk kita pahami seluruhnya. Dengan buku itu, kita lebih paham inti kita berislamnya.

4 juni 2017
Hajah Sofyamarwa R
#30dwc #30dwcjilid6 #30dwchajah #day18

No comments:

Post a Comment