Wednesday, June 13, 2012

Perihal Gabut di Tempat KP

Awalnya saya takut banget kalo di tempat KP ini, saya akan gabut. Jadi saya itu dapet labnya di Lab Virologi, yang ngurusin virus-virus itu loh. Dari pengamatan di dua hari pertama, rasanya ngga ada kegiatan aneh-aneh di lab nya.

Beda sama dua temen saya di lab lain. Di lab Kultur jaringan, katanya nguljar  setiap saat, dan di lab Hama Penyakit juga kerjaan terus. Jadi makin takut gabut

Kata dosen saya, pilihlah tempat KP yang justru merepotkan. Maksudnya, banyak aturan, banyak tugas, disiplin dll. Kenapa? Karena kalo dapet yang biasa-biasa, ya kitapun akan merasa biasa-biasa, dan dampak etos kerja kita jadi kurang bagus. (iya pak intan, bener banget)

Lanjut yang tadi, Sistem kerjaanku di lab virologi itu sebenernya mengikuti alur penelitian kitanya. Waktunya kayak waktu pencil (penelitian kecil) ituloh, ada persiapan, perlakuan dan pengamatan yang waktunya memang bergantung dengan desain penelitian (lihat postingan Hari Pertama KP). Selain itu sebenernya kita ngga diharuskan ngapa-ngapain.

Tapi, sayang banget kalo Cuma itu aja. Bukannya menyepelekan, tapi justru masa kerja praktek kita bisa banyak belajar dari tempat kita. Akhirnya saya minta kerjaan deh. Soalnya kalo ga minta sendiri, mungkin ya itu tadi, hanya ngerjain penelitian sendiri, dan sistem datengnya jadi suka-suka.

Hari ketiga dapet kerjaan ngelakuin pengujian sampel planlet kentang, dengan uji elisa (Elisa Assay). Untuk langkah pertama kerjaannya menggerus, dan kebanyakanya mipet-in pake mikropipet. Lumayan juga rada cangkeul hehe. Hari berikutnya dilanjut lagi metode Elisa nya sampai selesai di hari ketiga.

Jadi kesimpulannya, KP itu akan ngga gabut-gabut amat kalo kita minta kerjaan. Beda kalo kitanya udah minta kerjaan, tapi tetep ngga ada yang bisa dikerjain, berarti emang tempat KP mu emang ngga ada kerjaan atau memang terlalu sulit dilakuin bagi kita-kita mahasiswa. Hehe :D

Hari Keempat KP
Lab Virologi, 7 Juni 2012

No comments:

Post a Comment