Saturday, June 2, 2012

My Personality Test : Nakula, ESFP - Performer, Tipe Rasa (dedydahlan.com)


NAKULA SANG PENGHIBUR
ESFP performer
SIFAT ; Ekstrovert; Sense Fakta; Menggunakan Perasaan; Terbuka pada Kemungkinan

Performer memiliki sifat yang mudah menyenangkan orang- orang disekitarnya, seringkali melalui kemampuannya dalam komunikasi yang hangat, lelucon, musik, atau drama. Seringkali ketertarikan mereka adalah dalam memancing orang terdekatnya untuk melupakan sejenak beban pikiran pekerjaan dan kekhawatiran, dan rileks untuk menikmati hidup.

Performer tidak nyaman dengan kesendirian, dan selalu mencari teman dimanapun mereka berada. Hidup bebas tanpa hambatan, Performer sering menjadi pusat pesta, mendorong tamu lain untuk makan, minum, dan menikmati acara. Kesukaannya pada kesenangan hidup juga menjadi kelemahannya, karena ini membuatnya seringkali bertindak tanpa banyak memikirkan konsekuensinya.

Memusatkan diri pada opimisme, Performer cenderung menghindari kekhawatiran dengan mengacuhkannya dan pura- pura tidak tahu, selama masih mungkin.


TIPE RASA



Tipe Rasa
Para tipe Rasa, adalah orang- orang yang memusatkan perhatian dan ketertarikannya pada kepuasan emosinya. Mereka selalu mencari apa yang menenangkan, menyenangkan, dan mengerjakan yang mereka suka. Passion sangat penting bagi mereka, dan karenanya, tujuan hidup mereka pun seringkali tidak diukur dari materi, tapi dari kepuasan pribadi.

Emosi dan rasa (termasuk intuisi) menjadi dasar dalam mengambil keputusan, interaksi sosial, dan dalam menjalani proses hidup. Karena kontak yang sangat erat dengan sisi emosional mereka, tipe Rasa terkadang mudah mengalami gejolak emosi. Baik senang, tenang, marah, sedih, dan lainnya.

Tapi Smiley yang dapat mengendalikan emosinya bisa selalu mendapatkan ketenangan dan kesenangan dalam setiap hal kecil.
Handling RASA
Menangani seorang tipe Rasa adalah dengan memberinya ‘makanan hati’. Artinya, beri dia ketenangan dan kesenangan. Ajak dia bicara soal minat dan hobinya, temani dia dalam bermain atau mencari hiburan. Atau beri dia waktu sendiri untuk mendapatkan ketenangan.

Seorang tipe Rasa paling cocok ditempatkan di posisi yang membuatnya nyaman, atau sesuai dengan hobinya. Kerjanya akan lebih efisien bila ia dapat menyukai pekerjaannya.

Balancing
Seorang tipe Rasa bisa jadi bermasalah kalau ia tidak menangani Raga dan Rasionya. Ia bisa mudah terjebak di ‘zona nyaman’ tanpa ia sendiri menyadarinya. Jadi untuk menyeimbangkan Trimonynya, seorang tipe Rasa harus belajar membuat rencana dalam hal yang dia sukai dan mengeksekusi secara fisik hal itu. Ia harus belajar mengembangkan passion- nya dalam pekerjaan nyata, karena membayangkan nikmatnya suatu situasi atau menikmati moment saat ini saja tidak cukup.

No comments:

Post a Comment