Monday, July 10, 2017

Tumbuh Kembang Haidar Usia 22 Bulan

Bismillah, kali ini saya mau mengabadikan momen tumbuh kembangnya haidar yang udah berusia 22 bulan. Sesuatu yang penting dilakukan buat para ibu-ibu agar masa masa kecil anaknya ngga terlupakan atau menguap begitu saja. Terlebih lagi buat saya pribadi yang orangnya pelupa, menulis membuat saya bisa mendokumentasikannya :)

Alhamdulillah, banyak hal menakjubkan yang saya amati dari haidar. Di usia 20 bulan, perkembangan bahasanya saya perhatikan pesat sekali. Perkembangan motorik halusnya juga terlihat dari caranya memegang alat tulis. Perkembangan motorik kasarnya bisa dibilang bagus, kalau ngga dibilang hyper hehe. Secara sosial-emosional dan kognitif juga terlihat baik.

Aspek Motorik Kasar
Hal ini menurut saya paling mudah di stimulasi. Ajak berjalan-jalan, lari berkejar kejaran, bermain bola, atau memanjat misalnya. Haidar udah bisa melompat di tempat, berjalan mundur beberapa langkah, juga bisa mendorong dan menrik benda yang tidak terlalu berat. Saya biasa mengajak haidar melompat kodok atau kangguru, membiarkannya memanjat badan saya saat saya berdiri, berlarian di rumah dan di luar, bermain bola sepak di rumah. Haidar juga selalu tertarik mendorong kursi anak dan koper besar.

Aspek Motorik Halus
Stimulasi motorik halus lebih banyak saya biarkan haidar,mengeksplor banyak hal di alam. Daun, bunga, batu, dll. Saya kurang rajin menstimulasi dengan permainan khusus. Paling hanya seperti pompom, pasir kinetik buatan, playdough, puzzle, dll. Tapi haidar saat menulis sudah memegang alat tulisnya dengan baik walau belum sempurna. Saya juga tidak banyak intervensi, membiarkan saja perkembangannya alamiah.

Aspek Sosial Emosional
Haidar sudah bisa mengekspresikan berbagai reaksi emosi,  seperti senang, takut, marah. Bisa mengenali kalau bundanya menangis itu sedih hehe. Bisa bermain bersama teman dengan mainan yang sama, namun perlu dampingan. Karena kalau dibiarkan, biasanya berebutan hehe.saat bermain peran, mulai menghayati, namun masih bereskpresi datar saat bermain dokter2an sebagai pasien.

Aspek Kognitif
Haidar sudah memahami gambar wajah orang. Kalau lihat foto keluarga bisa menyebutkan semuanya. Haidar Sudah bisa berhitung dari satu sampai sebelas, walaupun belum paham maknanya. Mengenai konsep kepemilikan, haidar cukup paham mengenai barang milik haidar, ayah, bunda. Namun terkadang kalau ada barang milik yang lain, masih mengakui itu milik haidar hehe. Haidar juga suka mengikuti saat bernyanyi huruf hijaiyah dan huruf latin.

Aspek Bahasa
Aspek bahasa ini yang menurut pengamatan saya berkembang pesat pada haidar. Menurut parameter perkembangan, haidar sudah senang melihat gambar dalam buku, bisa menggunakan kata-kata untuk menyatakan keinginannya, dan mampu memahami perkataan orang lain dan menjawab pertanyaan. Haidar juga sangat mudah mengulang apa yang dikatakan orang lain maka harus lebih berhati-hati dalam berbicara. Sampai saat ini paling suka bilang "nggamau" hehe.

Kalau bangun tidur siang (sat saya juga tertidur hihi) kadang dia bangun duluan dan membangunkan saya mengajak makan. "bunda, makan yuk!", atau "makan telor, endog".

PERTUMBUHAN FISIKNYA
Berat badannya sekitar 11.6 kg, dan tinggi 86cm, masih dalam garis hijau sesuai chart dari WHO.
Giginya mulai bertambah 3 buah, di atas 2 (geraham) dan 1 di bawah.

#30dwc #30dwcjilid7 #30dwchajah #day4

No comments:

Post a Comment