Friday, July 14, 2017

Unforgettable Things About KRIMA

KRIMA adalah Keluarga Remaja Islam Masjid Al-Muhajirin. Sebuah perkumpulan remaja di sekitar Jl. Pluto Utara no 24 Margahayu Raya Bandung.

Saya gabung di KRIMA waktu kelas 1 SMA. Hati sudah merasa terpanggil saat halo-halo mesjid berbunyi dan ngumumin ada acara remaja di masjid. Ngajak adik sendiri ngga langsung mau, saya ngga peduli, dateng aja sendiri.

Beres acara diajak ngobrol, langsung jatuh hati. Besoknya udah ikut kumpul-kumpul di rumah salah satu gegeduknya (avq).

HAL YANG NGGA BISA BANGET DILUPAIN
1. Kumpul krima jumat sabtu itu sakral banget. Selalu dinanti-nanti. Biar dempet-dempetan di sekre kayu krima, tapi justru semua kerasa hangat dan deket. Banyak main, games-games jadul yang legendaris (black magic, dkk), dan materi yang seru.

2. Main bulutangkis di Gor Sakti
Ga cukup cuma kumpul jumat sabtu, minggu pagi pun dijabanin. Saling samper (saling nunggu yang ngaret haha), jalan bareng olahraga ke gor. Nyewa gor, tapi suka pake shuttlecock bekas bapak-bapak di sana haha. Pulangnya nongkrong lagi di warung sambil rumpi berbobot. Kadang masih ngga cukup, ngeliwet di rumah salah satu dari kita.

3. Ramadhan jadi super sibuk.
Sibuk sanlat, sibuk juga kejar-kejaran amalan ramadhannya. Subuh shalat di masjid, lanjut kejar-kejaran tilawah, lanjut main monopoli, atau ngerjain tugas. Sorenya jadi mentor, lanjut tarawih, lanjut evaluasi. Bang toyyiib jarang di rumah. Hehe. "Tangisan, dan tawa serta riang canda" udah terkuras bareng krima hihi.

4. Rihlah dan Kemping
Pernah rihlah isinya beneran cuma jalan 4 jam dari bawah ke puncak. Haha. Cape tapi seru banget. Pernah pas rihlah ilang hp segala pas mau pulang banget, jadi ahlul-jatoh pas lagi hiking. Ah pokoknya kemping asli seru banget! Ini terlalu banyak kenangannya hehe.

5. Karakter orang-orangnya yang ajaib banget

6. Organisasi pertama yang bikin teteh ngalamin banyak hal baru
- otodidak bikin poster dan baligo sampe sekarang tetep suka
- niat jualan lontong, bikin bareng walaupun bentuknya ajaib
- belajar bikin risoles diajarin mamanya teh intan
- pawai obor
- ikutan ngedubbing suara pas bikin kabaret sanlat
- jadi bintang pelem pas bikin filem krima
- dll

KENAPA MILIH KRIMA DAN BETAH DI KRIMA
1. Ngerasa deket banget sama temen-temennya.
Udah kayak ke kaka adek sodara sendiri. Udah tau sifat-sifatnya, saling percaya, saling ngedukung, saling kritik, saling bully dan melindungi, saling pundung dan baikan lagi, saling ngerepotin dan direpotin. Ngga cuma ketemu buat asik seru-seruan aja, tapi ada misi bareng, kerja bareng. Ngga ada dinding pembatas antar kita, bebas-sebebasnya dalam koridor yang bener.

Walaupun sekarang udah jarang ketemu anak-anaknya, jujur, kalau reunian sama krima itu ngga pernah ada rasa canggung, ato kehabisan topik. Beda sama kalau ketemu sobat SD, SMP misalnya. Sama krima tuh udah sejiwa gitu kayanya hehe.

Adik adiknya juga soswit banget, jujur saya banyak belajar tentang persahabatan dari mereka. Care na moal aya.

2. Ada misi pribadi yang sejalan sama misi krima.
Masa alay di SMP waktu itu sudah dilalui. Masa SMA, ceritanya lumayan mau tobat hehe. Sejak awal di krima memang ingin berkontribusi lebih, bukan sekedar ikut-ikutan aja. Mau bercapek-capek-ria mikirin kondisi krima, mau ikut terlibat lebih buat ngonsepin krima. Saya juga senang sama yang sifatnya pembinaan dan pengembangan manusia, jadi cocok.

Ya, saya belajar banyak dari KRIMA. Khususnya gegeduk dan gegedik nya. Jadi terstimulus buat belajar islam (khususnya) lebih banyak lagi, mendalami lagi.

3. Awal mula belajar islam, kenal Allah disini.
Dan ternyata islam itu menyeluruh, jadi belajar macem2 juga.
Salah satu yang bikin belajar itu efektif adalah suasana belajar. Di krima ngga kaku, justru ngelatih saya untuk aktif eksplorasi, ngga takut dan ngga malu buat cari ilmu.

Sekian beberapa hal dari KRIMA yang begitu berkesan buat saya. Rumah kedua, istilahnya :"))

Jumat, 14 Juli 2017
Hajah Sofyamarwa R

#30dwc #30dwchajah #30dwcjilid7 #day9

No comments:

Post a Comment