Wednesday, July 25, 2012

Jalan-jalan Islam Lewat TV : Omar dan Jazirah Islam di Italia

Bulan Ramadhan ini di waktu sahur ternyata banyak tayangan TV yang asik banget! Kita bisa manfaatin  TV buat sarana belajar Islam, selain jenis-jenis tayangan lainnya. OMAR (Umar Bin Khattab) di channel MNC TV, dan Jazirah Islam di TV7.

Film OMAR
Nonton film Omar, saya jadi inget film serupa yang judulnya The Messenger. Film yang wajib tonton bagi yang ngerasa muslim dan pingin belajar sejarah nabawiyah secara audio-visual (kadang kalo baca buku ada yang males juga soalnya).

Bukan Cuma belajar sejarah sih, tapi dengan tayangan, perasaan penonton jadi lebih terbawa. Semangatnya, keberaniannya, dan situasinya jadi lebih nyata. Memang, saya yang baru pertama lihat film ini merasa bahwa pemainnya mirip semua, jadi susah membedakan hehe. Agak bingung di awalnya, tapi kita bisa tahu lah, mana yang sudah beriman, mana yang masih gengsi. Saran saya sih, ntar kalo ada yang bikin film bagus seperti ini lagi, kemunculan tokohnya dikasih label nama, jadi penonton tau. Hehe

Ada yang punya pilemnya mungkin versi lengkap? Kepingin minta, biar ga kepotong iklan-iklan, dan bisa nonton dari awal hehe :)

JAZIRAH ISLAM
Jazirah islam kali ini membahas tentang negeri Roma, Italia. Yang namanya diabadikan Allah dalam Al-qur'an sebagai surat Ar-ruum. Takjub, bahwa salah satu Negeri besar yang dulu sempat menjadi penguasa (selain Persi), dapat dikuasai oleh bangsa Islam dari Jazirah Arab yang konon disebut Jahiliyah. Sejarah menjelaskan bahwa Peradaban Islam kala itu terbukti kekuatannya, tentu bukan karena kejahiliyahannya (baca buku sirah lagi..).

Jujur saya baru sadar bahwa Roma, itu sempat menjadi saksi sejarah kegemilangan Islam. Saya selama ini tidak benar-benar menyadari hal itu, karena Roma saya identikan dengan Vatikan, makanan pasta super lezat, dan colloseumnya (minim wawasan sekali..)

Pembawa acara mengunjungi sebuah masjid yang katanya masjid terbesar di eropa. Masjid Agung Roma. Ia bilang bahwa suasana ketika masuknya menyiratkan bahwa pembangunan masjid ini didasari dari kecintaan yang luar biasa oleh pembangunnya.

Masjid Agung Roma. (Hendri, A/ardisfamily.com) photo arranged by me :)
Masjid Agung Roma adalah masjid terbesar di Eropa yang dibangun dan dibiayai oleh Raja Faisal dari Saudi Arabia (1994). Inisiatif pembangunan berasal dari Muhammad Hasan dan istrinya Razia Begum – Prince and Princess Of Afghanistan. Tentu ini adalah Masjid Sunni. Luasnya hampir 30.000 meter persegi dan bisa menampung 12.000 orang. Letaknya di Acqua Acetosa area, Monti Paroli, atau Roma.bagian utara. Di pinggiran kota Roma dan bisa dicapai dengan kereta api, taxi atau yang lainnya.

Sumber : Hendri, Ardianto. 2012. Masjid Agung Roma Italia. http://www.ardisfamily.com/2012/07/masjid-agung-roma-italia/ diakses pada 25 Juli 2012

Wah , jadi kepingin jalan-jalan beneraan, ga cuma lewat TV ajaa :)
Aamiin, insyaallah :)

No comments:

Post a Comment