Thursday, June 11, 2015

Telinga Sakit dan Berdenging?

Telinga Sakit dan Berdenging (Sumber)
Masih pukul 01.26 kala itu dan tiba- tiba aku terbangun kesakitan. Telingaku tetiba sakit sekali, dan hingga pagi tak bisa tidur kembali. Tak kuat menahan sendiri, tapi tak tega juga membangunkan suamiku. Untuk apa? Malah kasihan, tidurnya jadi terganggu, sedangkan kuyakin kami sama sama tak mengerti harus berbuat apa.

Panik. Ya, aku berusaha mengingat ngingat, kejadian apa yang mungkin membuat telingaku menjadi sakit, karena ini kali pertamaku. Tapi nihil. Rasanya hari-hari biasa saja, tak ada benturan, mendengar suara dentuman bom atau apalah, tidak juga.
Pagi itu akang langsung menyarankan ke dokter. Karena sakit telinga sama sekali tak bisa diprediksi, lebih baik serahkan langsung pada ahlinya.
Dr. Fadjar Nawawi, Sp, THT yang praktek selasa pagi di Klinik THT al-islam itu memeriksaku. Total 80.000 dengan biaya pendaftaran Rumah Sakit 30.000 dan biaya dokter 50.000.

DIAGNOSA PENYEBAB
Katanya ini karena pilek ku, padahal rasanya pilek ku ringan. Katanya mungkin daya tahan tubuh sedang lemah, karena kan sedang hamil. Dilihat dengan alat, gendang telinga ku infeksi katanya. Telingaku termasuk yang serumen (minyak telinganya) sangat sedikit, lebih rentan memang, karena pelindungnya kurang banyak.

Sjatinya, setelah kurenungkan baik baik, sakitnya ga bisa dibilang tiba tiba sih. Ngga ada asap kalau ngga ada sumbernya. Buat introspeksi aja, lain kali harus lebih perhatiin kondisi badan. Kalau dulu kuat, kondisi saat hamil mungkin aja beda :
- beberapa hari ini tidur ga bener. 
- banyak begadang tea ngerjain proyek
- kena pilek ringan
- sempet bandel ga pake jaket pas momotoran
- minum yg dingin dingin. Pada kotak susu bumil tertulis : "diminum dingin lebih enak", trus dijadiin es terus lah sama guehh -_-
*Aduh dedek maapin bundanya bandel >,<

OBAT
Karena sedang hamil, dokter memilihkan obat yang aman. (untuk 5 hari)
1. Antibiotik amoxsan (amoxicillin), (dosis 2x1)
2. anti alergi cetirizine HCl, (dosis 1x1) dan  
3. anti nyeri sumagesic (parasetamol 600mg). (dosis 2x1 / saat nyeri)
Total harga obat 41.000 dengan pelayanan dan packaging yang bagus di farmasi RSAI.

RIWAYAT PERJALANAN PENYAKIT
H-1
Tiba tiba terbangun dari tidur, dengan telinga sakit sekali. Seharian sakit dan ingin menangis terus. Sujud sakit. Telinga rasa tertutup. Berdenging. Periksa ke spesialis THT
H-2
Seharian masih sakit sekali. Terkadang reda, terkadang sangat sakit. Siang aga berkerak di daerah telinga, muncul cairan di telinga saat sore. Cairan bening, sedikit ada putihnya. Masih berdenging. Tidur harus cari posisi yg enak.
H-3
Masih keluar cairan. Sudah tak terlalu sakit. Masih berdenging. Tidur pakai bantal leher buat nyangga supaya ga sakit.
H-4
Sudah tidak sakit. Tidur nyenyak. Telinga masih rada ketutup. Berdenging.
H-5
Sudah tidak sakit. Denging suara yang terdengar agak bergelombang air. Degup nadi daerah telinga masi terdengar.
H-6 sampai H-9
Degup nadi daerah telinga masi terdengar. Berdenging perlahan. Sudah berani sujud saat shalat, karena tidak sakit.

H-10 Kontrol ke Dokter THT
Kata Dokter, gendang telinga masih merah (radang). Dikasi resep obat yang sama, tapi dosis antibiotik ditambah jadi 3x1. Dianjurkan makan bergizi supaya pemulihan lebih cepat, dan makan vitamin C.
H-10 sampai H-17
rasanya kaya kalo kemasukan air, omongan dari mulut sendiri terdengar lebih keras. Tapi berangsur-angsur semakin membaik. Hari ke-17 ini sudah hampir normal, tapi memang belum seperti sedia kala.
Alhamdulillah

PESAN PENTING
Jangan pergunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, karena justru mendorong serumen masuk. Serumen telinga, atau yang biasa dikenal dengan "Kotoran telinga" itu justru alamiah melindungi telinga kita. Pesan Dokter, kalau ngga ada keluhan apa-apa telinga jangan di'oprek'. Kalaupun serumen kita terlalu banyak dan mengganggu, bersihkan secukupnya saja.
Dan, dokter THT bukan sekedar dokter telinga yaa, TELINGA, HIDUNG, TENGGOROKAN. Biasanya orang ke THT kalau sakit telinga aja katanya, padahal penyakit hidung dan tenggorokan lainnya juga termasuk ranah dokter THT.

Semoga Kita senantiasa bisa menjaga kesehatan seluruh anggota tubuh kita ya :)

"Ya Allah, sehatkanlah badanku, sehatkanlah pendengaranku, sehatkanlah penglihatanku.."

Gambar Skema Telinga (sumber : irhamhizrata.com)

No comments:

Post a Comment