Sunday, June 14, 2015

Selalu Ada Cara Yang Lebih Baik

Ilustrasi : markisa kisut dan tidak kisut (punya ibu) sumber : dok. pribadi

Setiap orang punya hak untuk mengklaim bahwa dirinya sudah melakukan yang terbaik. Bahwa cara yang dilakukannya sudah baik, melihat dari hasil yang telah ia peroleh. Suatu hal yang wajar.

Yang jangan sampai kita lupakan adalah, bahwa di atas langit masih ada langit, bahwa diantara hal hal yang sudah kita lakukan dengan baik menurut kita, akan ada yang sudah melakukannya dengan lebih baik pula. Memahami hal itu bukan berarti kita menjadi manusia kerdil yang merasa kalah dari siapa saja, tetapi menjadi penyeimbang dan kontrol diri bahwa kita akan selalu bisa lebih baik pada apa yang bisa kita lakukan esok hari. Ya, sebuah kesempatan untuk menjadi lebih baik
.
Setiap orang mempertanggungjawabkan apa yang ia ketahui, apa yang ia kerjakan, apa yang ia pilih, apa yang ia yakini. Sungguh, masing-masingnya adalah urusan pribadi, yang memang sejatinya dapat memberikan efek pula kepada yang lain.
Ada banyak jalan menuju Roma, begitu katanya. Ya, ada begitu banyak cara untuk mendapatkan sesuatu. Bukan sekedar pada hasil yang dituju, namun jalan dan cara yang ia pilih tentu akan menjadi penilaian sesungguhnya.

Kalau kita bisa mengingatkan orang lain dengan cara yang baik, mengapa harus membuatnya tidak nyaman dengan cara kita?
Kalau kita bisa melakukan suatu hal melalui cara yang baik, mengapa harus "merasa terpaksa" melakukannya dengan cara yang tidak baik?

Ya, selalu ada cara yang lebih baik.
Asal kita mau sedikit berpikir dan bersabar.

Selamat berusaha melakukan yang terbaik dengan cara yang baik! :D

De Marrakesh
Senin, 15 Juni 2015

No comments:

Post a Comment