Monday, October 22, 2012

Negeri Para Bedebah Habis Dibaca (kesan)


Akhirnya buku ini habis saya baca.
Dengan buku setebal 433 halaman, dan alur kisah yang sebegitu padatnya, baru tersadar bahwa settingan ceritanya hanya dalam tempo 3 hari!

Jadi saya juga habis baca nya 3 hari deh hehe

Menurut saya bukunya seru! Memang bahasannya berkisar seputar dunia ekonomi, perbankan, dan problematika politik yang saya ngga paham, tapi secara garis besar enak aja dibacanya.

Sambil nunggu dimana saya harus nangis (baca post sebelumnya), ternyata saya tak kunjung nangis. #salahinfo. Emang bukan novel melankolis banget kok. Saya juga takjub di tengah ternyata ada kisah pribadi dari keluarga Tommy yang jadi akar masalah. Tadinya saya pikir isi buku itu serius2 banget gitu semuanya dari awal sampe akhir.

Menjelan akhir saya mulai penasaran dan tebak-tebak siapa yang jadi dalang sesungguhnya. Sayangnya pas tau, saya agak kecewa. Bukan gitu sih maksudnya. Semacam, "hah kok dia?" karena dari awal saya ga gitu ambil perhatian sama keberadaan tokoh itu, awalnya ngga terlalu nganggep dia penting gitu. Dan sampai di bagian endingnya, ternyata konfliknya belum selesai.

Inget cerita ini, jadi inget kasus century yang dulu sempet rame. Dalam pembuatan novel ini ada hubungannya ga sih bang? Sekarang apa kabar ya kasus itu? (belum apdet)
Mengingat cerita dalam novel ini padat banget, ga kebayang apakah kasus century juga seperti itu ya? Dan kalau inget judulnya, Negeri Para Bedebah, wah si tokoh utama sepertinya bisa melakukan segala hal dengan koneksi dan kemampuannya di negeri itu. Suap menyuap, kekuatan networking nya kenceng banget dan bisa melancarka n segalanya. Apa di Indonesia seperti itu?

Sekian kesan-kesan setelah baca buku itu.
Boleh lah nanti dipinjemin buku bang tere-liye yang lainnya hehe :D

5 comments:

  1. Ga sedih Jah, baca bagian keluarganya Tommy dibakar??
    kejaam.. -_-

    itu penjahatnya udah di set dari awal koq Jah, dari bab-bab awal dia udah muncul kan, dari waktu Tommy masih kecil malah.
    oia, kasus Century ga kayak gitu, karena Century ga selamat kayak bank Semesta.

    ReplyDelete
  2. astaga naudzubillah aku kejam T_T
    iya bagian itu lumayan sedih gie bagian itunya mah, makanya kubilang kaget pas ada konflik pribadi keluarga di dalemnya.

    tapi ga sampe nangis bombay karena kayanya part itu dikit banget ditonjolinnya, aku lebih nangkep sisi ekonomi ekonomi nya gitu hehe

    nah itu dia, ngga merhatiin si penjahatnya dari awal.

    ini kayanya karena bacanya racing banget juga 3 hari, jadinya banyak yang miss.
    bisa baca cepet itu soalnya penasaran terus dan dibaca nya enak.

    tapi kan mirip mirip gie walopun mungkin endingnya beda ama century. bang tere-liyenya terinspirasi dari sana ga ya? hehe

    ReplyDelete
  3. Yup, emang terinspirasi bank Century Jah..
    Naskahnya juga dibuat waktu kasusnya masih anget..
    Kebetulan Bang Tere emang ahli ekonomi, jd kondisinya emang mendekati kenyataan..
    Bahkan bbrapa pmeran jahat d novel itu aslinya beneran ada..
    Makanya, judul aslinya "Bangsat2 Berkelas".
    Diubah jd yg skr krn terlalu offensif..

    ReplyDelete
  4. good novel :)
    salam kenal n please visit my blog

    ReplyDelete
  5. Augie : oooh gitu.. (udah garing tea, baru baca hehe)

    Pudja : yak, salam kenal juga! trmksh sudah nyasar disini hehe :D

    ReplyDelete