Thursday, October 25, 2012

mengantarkan si resume : Buku Khalifah Rasulullah


book cover. captured by : me

Lagi asik baca sebuah buku cetakan lama (1985), yang ditulis oleh Khalid Muh. Khalid yang berjudul "Mengenal Pola Kepemimpinan Umat dari Karakteristik Perihidup Khalifah Rasulullah" terbitan CV Diponegoro.  Buku dengan judul asli Khulafaurrasyidin ini berisi kisah-kisah yang menggambarkan personal dari keempat sahabat Rasul, ditambah Umar bin Abdul Aziz.

Kesan pertama sebelum baca, "berat nih!"
Buku jadul pisan, apalagi kertasnya udah kuning-kuning cokelat dengan cover yang 'ngga masa kini banget" hehe. Tapi setelah baca, justru ringan dan asik asik aja, karena isinya cerita semua. Tinggal fokus, nikmatin ceritanya dan timbulkan rasa kepo sama 4 sahabat-sahabatnya rasul supaya kesannya lebih ketangkep. hehe

Sejauh ini baru baca 119 dari 784 halaman, alias masih di bab 1 tentang Abu Bakar. Niatnya sih setiap selesai 1 bab, mau dibuat resumenya. Kalo istilahnya pak Hernowo, mengikat makna. Soalnya kalo baca doang seringnya sih lupa sama apa yang udah di baca. Selain itu juga karena kisah ini sayang banget kalo ga banyak yang tau, setidaknya jadi lebih kebayang sosok-sosok sahabat Rasulullah jaman dahulu. Yah buku sumber banyak sih, yang pas ada di rumah ya ini (punya bapake jaman dulu kayanya).

Dalam me-resume buku ini, ngga semuanya saya masukkin sih, tapi hanya beberapa hal yang menurut saya penting dan BARU SAYA TAU hehe.
Judul tulisan saya mungkin akan berbeda dengan yang ditulis di buku, dan judul itu menggambarkan kesan yang paling mendalam dari saya pribadi. Maaf juga kalo dalam penulisan ada pencampuran gaya tulis. Gaya tulis saya suka seenaknya, dicampur dengan tulisan asli dari buku (karena kalo saya ganti redaksinya, malah bikin 'ruh' nya ga dapet dan saya ngerusak flow.

Sekian deh pengantarnya, daripada semakin ngelantur.
Alhamdulillah, semoga selamat sampai bagian akhir! :D

No comments:

Post a Comment