Saturday, October 13, 2012

dia yang (sebenarnya) butuh bantuan

Coba inget inget lagi, selama hidup kamu dari mulai TK, SD, SMP, SMA, kuliah, sampe sekarang, pernah ada ga seseorang yang dianggap "aneh" sama temen-temen dan bahkan oleh kita sendiri? Yang disebelin, yang dijauhin?
 
...

Kalo saya sih ada, bahkan sampe saya bisa mikirin siapa aja orang nya (nahloh parah)
Ada sesuatu dalam dirinya yang sering banget jadi bahan omongan sejuta umat. Sifat jeleknya lah, perilakunya lah, cara ngomongnya lah. Yang kesel makin kesel, yang asalnya biasa-biasa aja jadi ikut ngomongin dan kebawa sama yang lain. Bahkan walaupun kita udah mau biasa-biasa, ada semacam "ketakutan" untuk "ga usah temenan sama dia", karena takut dinilai jelek juga.

Tentang teman kita itu, udah dicoba dikasi tau baik-baik, disindir-sindir, tetep ga sadar juga. Kita nyerah, ya udah, emang dia begitu. Respon kita juga macem-macem. Kadang kita ngertiin dia, ato bersikap biasa-biasa aja, ato frontal nunjukkin rasa ngga suka kita sama dia. Itu sih memang hak kita, pilihan kita, hidup kita.

Tapi segimanapun keselnya kita sama dia, tetep kita harus ngeliat dia sebagai orang yang lagi berproses. Kita ngga sempurna, selalu berproses. Ga ada di dunia ini yang Allah ciptain persis sama kan? Kadarnya pasti beda-beda, prosesnya beda-beda juga.  

Ngehargain orang lain sebenernya ngehargain diri kita sendiri. Coba bayangin gimana rasanya jadi dia, pasti ngga enak banget.  Saya sih ngga kebayang kalo saya yang diposisi itu, hidup ngga tenang, dijudge terus sama orang. Mau gerak takut salah, dihantuin perasaan ngga diterima di dunia, kesepian. Ekstrimnya bisa kena masalah psikologis yang lebih parah. Naudzubillah..

Sesuatu yang saya pikirkan adalah gimana kita ngubah cara pandang diri kita sama dia. Karena terkadang kesan jelek kita sama dia diperparah dengan kacamata kita yang kotor, yang ngindikasiin hati kita yang juga kotor. Nangkep kan maksudnya?
 
Ketika temen "aneh" kita itu ngga sadar-sadar, disitulah peran kita buat ngebantu dia. Bisa ngga kita sampe ngerti kenapa dia seperti itu, kemudian membantunya. Bukankah sebenarnya dia butuh bantuan?

Minimal berprasangka baik dan tetap  perlakukan dia dengan baik. Itu kan yang diajarkan? Percaya ngga ada yang sia-sia, bahwa perlakuan sekecil apapun dari kita akan ngaruh ke kondisi dia, maka berilah yang baik. Karena setiap kehidupan itu menarik, dia juga, kamu juga.


Mohon maaf atas segala perilaku buruk, sifat buruk dan pikiran yang buruk,
Untuk yang terus berproses dan kita semua yang mencintai saudaranya karena Allah.
 :)

3 comments:

  1. aku mah ngga kayak gt kok teh, #soalnya aku juga orang aneh,,,hehehehe

    ReplyDelete
  2. semoga aku juga ga kaya gitu din, kan aku juga aneh hahahaha #tuh kan aneh
    beberapa yang pernah tth alami, ada aja orang yang seolah2 selalu dimusuhi sejuta umat.
    inspirasi based on true story bberapa hari lalu hehe

    ReplyDelete
  3. sebenarnya nulis ini juga semacam ingin bilang "maklumi saya juga ya, lagi berproses, mohon bantuannya" hehe

    ReplyDelete