Monday, December 24, 2012

kembali menjadi perempuan : kisah (tidak) dramatis jilbab pertama

Kalau melihat dari judul kesannya saya adalah perempuan, yang berubah menjadi bukan perempuan, lalu pada akhirnya kembali menjadi perempuan.
Bukaaaan!  hehe

Ini tentang sesuatu yang baru disadari. Kamu pernah kan mengalami berbagai hal dan pada akhirnya menangkap bahwa sepertinya Allah memang menuntunmu untuk menuju kesana? Beberapa saat lalu saya disadarkan bahwa saya adalah seorang perempuan, muslimah. Bahwa saya punya adik-adik binaan muslimah yang harus dibina dengan muslimah ways, ga bisa kalau dengan general-general saja. Bismillah, semoga dimudahkan.
 
* * * * * * 



Sudah separuh dari usia hidup saya di dunia, saya memakai jilbab.  Kalau diingat-ingat, itu berawal  sekitar kelas 5 SD, dengan kisah yang sama sekali tidak keren dan tidak dramatis ! hehe
SD saya bukan SD islami gitu, cuma SD negeri biasa (yang luar biasa) di dalam kompleks. Kerjaannya setiap hari main ke rumah teman, sambil ngeceng-ngeceng, sesepedahan, dan hobi banget manjat pohon kersen, kumaha we lah budak leutik! 

Saat itu kakak perempuan saya sudah memakai jilbab lebih dahulu, dan entah kenapa tiba-tiba saya ingin aja ngikutin. Kelas 5 SD saya janjian pengen pake kerudung sama kedua temen deket saya. Ya, janjian! Hari Seninnya, mereka berdua udah pake, saya sendiri belum dibelikan sama bapak. Wah itu nangis -nangis ngambek ke bapak pengen minta cepet-cepet dibeliin. Seminggu kemudian, kita bertiga udah kerudungan deh.

Ga ada dramatis dramatisnya kan? Yoi! boro-boro! Ngga ngerti kalo pake kerudung itu kewajiban sebagai perempuan muslim.  Kayanya cuma mikir
"aku bagus kan ya pake kerudung?".
"Bagus."
Itu juga paling nanya sendiri-jawab sendiri hehe biarin aja deh ya

Sampai SMP kerudung saya ababil. Udah mah alay, kerudung teh dibuka tutup sembarangan. Namanya juga cewek ABG mereun nya, ngerasa geulis. Asa 'sesuatu' kalo ada yang kepo-kepo pengen tau kondisi rambut kita segimana. Bertahan pakai kerudung mungkin karena mengalir aja, karena emang udah pake, ya pake, gitu aja. Kadang suka ikut ngegosipin kalo ada temen lain yang pake kerudung tapi suka di buka-tutup, padahal sendirinya juga sama aja. Sama belum ngertinya sama makna kerudung itu sendiri.
 
Ada satu masa di mana kita mulai sadar lah ya. Sampai sekarang saya selalu penasaran sama temen-temen cewek yang baru berjilbab. Di usia nya yang udah dewasa  ini, memilih mengenakan jilbab biasanya melalui proses yang tidak biasa. Ada unsur 'kehendak' dan memilih, bukan kayak saya tadi.

Terlepas dari bagaimana tidak kerennya kisah saya, ada satu hal yang saya syukuri.
Walaupun awalan berjilbab saya sama sekali tidak berdasar, bisa jadi kalau saat itu ngga dimulai, sampai sekarang saya ngga mau mulai-mulai pake kerudung. (kerasa banget, alesannya bisa bejibun. Aduuh, saya itu dulu centil, biasalah cewek).

Sekarang insyaallah ga seperti itu. Sampai kapanpun godaannya banyak, pasti. Mudah-mudahan bisa istiqamah.
 
Hukumnya pake kerudung, semua udah tau kan kalo hukumnya wajib bagi wanita islam yang sudah baligh?

* * * * *
Ada satu kalimat bagus nih, memahamkan kita tentang prinsip jilbab dan korelasinya dengan akhlak yang kadang  menjadi salah pemahaman:

Jika engkau berjilbab dan ada orang yang mempermasalahkan akhlakmu, jelaskan pada mereka bahwa antara akhlak dan jilbab itu dua hal yang berbeda.
Berjilbab adalah murni perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh wanita muslim yang telah baligh tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk.
Sedangkan akhlak adalah budi pekerti yang tergantung pada pribadi masing-masing.
Dan jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa/pelanggaran itu bukan masalah jilbabnya namun akhlaknya. Allaahu ta'ala a'lam ( Ummu zidan Al Fathi II & III )

Setuju pisan!  hehe
Semoga ga jadi pembenaran
Dan semoga bisa terus memperbaiki akhlak \('o')9

 
Ditulis 9 November 2012
Hajah Sofyamarwa

3 comments:

  1. tulisannya bagus teh..
    Di bagiin ke banyak orang lg teh..=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tah komentar di blog saya juga dong, sepi nih..
      Haha..

      Delete
  2. alhamdulillah atuh,
    itah udah mau pake kerudung sekarang?
    hehe

    eh curhat di lapak orang ni gie.
    hehe

    ReplyDelete