Wednesday, December 19, 2012

allelopathy : ga baik buat tetangga

Setahun lalu dan beberapa bulan yang lalu saya belajar interaksi antar spesies (yang mutualism, parasitism dll tea).
ada salah satu interaksi yang namanya Alelopati.
Istilah alelopati ini artinya efek berbahaya (harmful effect) dari suatu tanaman pada tanaman tetangganya (di sekitarnya). (Taiz and Zeigher, 2003)
Menurut yang dipelajari di kelas, Interaksi ini bagi spesies 1 tidak berefek apa-apa (0), tapi bagi spesies lainnya akan terganggu (-). Jadi spesies 1 akan mengeluarkan suatu senyawa, terserap ke tanah, dan akan membuat spesies tetangga di sekitarnya pertumbuhannya terhambat. Interaksi (0) (-)

Ilustrasinya :
Kamu tiba-tiba ngeluarin suatu senyawa yang bagi kamu  ga berefek apa-apa, tapi temen sebelah kamu pertumbuhannya jadi terhambat.
(ekstrim juga, saya ga mau punya temen kaya gitu, makin terhambat aja pertumbuhan saya hehe)

Nah terus saya belajar metabolisme tumbuhan nih barusan, seperti sebuah AHA MOMENT, ternyata alelopati itu diakibatkan oleh suatu senyawa  metabolit sekunder golongan phenol, lebih tepatnya dari turunan asam benzoat atau fenil propanoid sederhana (as. Caffeic ato ferulic). (trust me, ini karena lagi belajar aja jadi bisa nulis ini).

Nah tapi dari ebook abang taiz and zeigher (2003) itu disebutkan kalo di ekosistem alami kepentingan dari senyawa alelopati ini masih kontroversi. Para peneliti masih ragu kalo senyawa ini adalah faktor signifikan pada interaksi antar tanaman, karena pembuktian fenomena ini sulit untuk didapetin.

Kenapa?
Kalau dilakukan penelitian di lab, mungkin mudah, tapi di alam bebas sulit buat nunjukkin kalau senyawa yang dilepaskan ke tanah bisa cukup untuk menghambat pertumbuhan tanaman lainnya.

Menurut bang taiz dan zeigher juga, ini menarik. alelopati potensial untuk aplikasi bidang agrikultur. Penurunan hasil panen karena rumput-rumput liar atau sisa tanaman sebelumnya bisa jadi hasil dari alelopati. Prospek ke depannya, mungkin bisa dirancang rekayasa genetik taneman yang bersifat alelopati terhadap rumput-rumput liar.

* * * * * *
Setelah dipikir-pikir, interaksinya harusnya (+) (-) sih, soalnya si empunya senyawa diuntungin untuk bisa tumbuh lebih baik. Dari taiz dan zeigher disebutkan kalau pertumbuhan temennya terhambat, dia jadi bisa tumbuh lebih baik karena akses ke nutrisi, air dan cahaya yang lebih mendukung. Ya ga sih? Cmiiw

* * * * * *
Kalau ceritanya dia membahayakan sekitar gitu, ga mau punya efek alelopati dong ya?

"Sebaik-baik manusia di antaramu  adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain."
(HR. Bukhari )

Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya.
(HR. At Tirmidzi 1944, Abu Daud 9/156)

Wallahu 'alam
Back to UAS mettummbzh ~

(sumbernya taiz and zeigher, biar ga sesat, lebih lanjut baca ebook nya aja sendiri ya, bisa download di link di atas, atau minta ke aku hehe)

No comments:

Post a Comment