Monday, August 27, 2012

Kelas Ekologi (lagi) bersama Bu Devi - Semester 7


Berada di kelas ekologi (lagi) bersama dengan teman-teman yang berbeda. Yah, ini hari pertama kuliah tingkat empaaaaaat ! :D

Awalnya supertakut (pasti), karena ini pengalaman pertama ngambil matakuliah yang sama, karena sebelumnya belum diijinin lulus sama Allah. Apalagi bareng-bareng sama angkatan yang berbeda, dan saya memang satu-satunya yang beda angkatan. Hihi. Pasti banyak yang bertanya-tanya (ato mungkin jg enggak) liat saya nongol dikelas mereka. Dan pengalaman saya dulu ya, kalo liat kakak kelas yang ada di kelas angkatan kami, rasanya pengen nanya alesan kenapa ada disini, tapi ngga berani karena takut nyinggung hehe. Akhirnya kealamin juga sama sendiri :)
Tapi, alhamdulillah seneng banget! 2010 emang baek baek semua dan insyaallah ke depannya bisa lancar. Aamiin :D

Berasa dejavu, Ibu Devi ngejelasin dulu tentang perkuliahan ini. Banyak hal yang dulu memang sempat kealamin, tapi ngga kaya sekarang, karena banyak hikmah yang bisa diambil.

Setidaknya selama kuliah, di pikiran saya selalu ada signal warning yang terus bilang gini :
"ini kesempatan kamu yang kedua, perhatiin bener-bener semuanya. Setidaknya udah pernah belajar ini kan? Jadi tahu gambarannya dan bisa ngebenerin semua yang dulu salah."

Kali ini dosennya ada dua, bareng sama Pak Yayat Hidayat. Beliau in ilebih ke teknologi kehutanannya gitu, tapi sambil sama-sama belajar. Ngga liat ada asisten (padahal taun lalu diasistenin kak Gita BI '08).

Kuliah sama bu Devi itu asik, cara ngajar beliau itu memang nganggep kita sebagai orang yang udah dewasa. Contohnya kehadiran, ibu ngga terlalu ambil pusing, intinya, yang butuh kan kita sendiri, jadi yang penting paham dan nilai nya  aman.

Salah satu wejangan penting dari Bu Devi :
Semester 5 itu masa-masa yang sibuk, ada proyek ekologi (sks yang berbeda) dan proyek biselmol yang memang menguras waktu dengan sangat banyak. Kuliah ekologi 4 sks ini kadang dikorbankan (atau jadi korban). Dipikirnya tinggal baca, tapi sampe akhir ga  di baca-baca. H-1 Ujian kaget liat bahannya yang buanyak banget, udah gitu ngga paham materinya. Jadi kalo ngga dapet A di kuliah 4 sks ini, sayang banget dan bakal nerjunin IP.

Lulus nanti, jadinya sarjana biologi. Jadi kita dituntut untuk harus menguasai semua, bukan Cuma yang kita suka, ato yang kita bisa.

Yang harus diperhatikan juga, terkadang mahasiswa (contohnya saya), ngambil matakuliah itu Cuma karena keharusan, padahal seharusnya kita ngerti, kenapa kita ngambil matakuliah itu. Hal esensi yang terkadang dilupakan.

Tambahan dari Pak Yayat, menjalani ini kita harus pake cinta. Beneran. Karena jaman sekarang informasi apapun tinggal goongling dan semua bisa kita dapet, gampang! Yang susah didapet itu dari aspek kejiwaan, gimana kamu nyikapin dan mencintai yang sedang kamu jalani. Asik ko, serius!

Sekian hasil ikatan makna yang didapet dari kuliah pertama ekologi di semester 7.
Semoga ada manfaatnya :D



No comments:

Post a Comment