Sunday, June 1, 2014

Hari Pertama di Sekolah Alam Bandung




#latepost
Yap! Akhirnya datang juga hari yang ditunggu-tunggu. Insyaallah mulai hari ini saya mulai mendampingi anak-nak SD2 di sekolah Alam Bandung dan berpartner dengan bu Arti :3

Malam sebelumnya, saya tidur di awal waktu karena khawatir keesokan harinya terlambat bangunhehe. Paginya, saya kaget jam 7.50 an sampe skolah, tapi masih sepi banget. Apa salah hari ya? Akhirnya jala-jalan dulu aja (di sana kaya tempat piknik ko hehe). Hari ini kelas dipegang sama pak aryo juga (Kepsek) karena bu arti nya lagi sakit.

Ini anak pertama yang saya kenali. Anaknya pinter, dan suka nunjukkin kalau dia suka bisnis. Usut punya usut ternyata beliau anaknya salah satu guru di SAB juga yang emang suka bisnis. Dzilan ini anak pertama yang saya tanyakan : "Mau panggil bu Hajah atau bu sofya?" hehe.

HARI SENIN JADWAL OUTBOND!

Apaaah? Outbond?
It sounds interesting! Pasti. Kalau istilah konvensionalnya mah olahraga. Katanya “Pakai pakaian yang sesuai aja dengan outbond.” Saya sempet bingung mau langsung pake celana ato rok. Saya pribadi bukan orang anti-celana, toh selama dipergunakan di waktu dan tempat yang sesuai ngga masalah. 

Outbond kali ini Web climbing. Anak-anak dipasangin tali webbing untuk pengaman saat manjat. Guru-guru kelas pada bantuin guru outbond, saya?? Waduh belum tau cara nail-nali nyaa! :O Alhamdulillah diajarin sama Bu Tya, sama pa Nandang. Setelah cukup lancar, baru berani buat masangin ke anak-anak.
pemasangan tali webbing

SAB (Sekolah Alam Bandung) punya kolam, saat itu lagi banyak anak-anak lele. Ternyata banyak ikan lele yang mati karena beberapa hari sebelumnya diperkirakan ada orang yang kurang bertanggungjawab sama kondisi kolam. Anak-anak pada heboh deh! Hehe
ikan lele mati

 

BUDAYA BUKA KELAS-TUTUP KELAS

Ini nih yang menarik dan bikin saya tertohok! Sebelum memulai kelas, 25 anak-anak dan guru duduk melingkar di tengah kelas. Kelas tidak dimulai kalau masih ada yang rebut sendiri.
Buka kelas ini dimulai dengan salam dan do’a-do’a yang sudah mereka hafal. Setelah itu dilanjutkan dengan cerita pagi oleh anak-anak yang dijadwalkan piket di hari itu. Sehabis bercerita, dilanjutkan dengan talaqqi hafalan juz 30 bersama-sama, menambah ayat hapalan, dan shalat dhuha.

Memberi kesempatan bercerita

Anak-anak diberi kesempatan untuk menceritakan kisah liburannya. Kalian harus liat betapa hampir semua dari mereka semangat syekalii! Semuanya mengacung ingin bercerita! Saya jadi penasaran waktu saya kelas 2 SD jaman dulu, ada sesi semacam ini ngga ya? *ga inget*. Menurutku ini bagus banget, pembiasaan untuk berani bercerita. Yah, walaupun pasti ada-lah alur cerita yang ga jelas atau “terlalu imajinatif”, tapi seenggaknya mereka punya kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka. Tinggal diarahkan saja.

Saat Talaqqi juz 30

Di situ saya salting, batin meraung-raung T_T merasa tertampar karena sampai sekarang juz amma belum hapal semua, dan mereka sudah dibiasakan menghapal surat-surat panjang di juz 30 di usianya yang masih 7 dan 8 tahun! T_T Memang, belum semuanya hafal, tapi rata-rata bisa mengikuti. (oke kawan-kawan seusia, mari berjuang! >,< *jadi nambah tujuan ada disini*)

Hari Pertama ini, saya dipanggil Bu Sofya. Ternyata anak-anak perempuannya lagi pada doyan sama tokoh Disney Sofia The First! hehe


#latepost
17 Maret 2014
Hajah Sofyamarwa R.

No comments:

Post a Comment