Friday, June 6, 2014

Hidup penuh ketidakpastian : Sistem Kehidupan



Lulus dari serangkaian institusi pendidikan, menyadarkanku akan salah satu warna kehidupan. Bahwa ternyata dunia nyata ini memang dipenuhi ketidakpastian. Saat masih berada di kuliah misalnya, sudah ada sistem yang jelas, jadwal waktu yang jelas, tujuan kelulusan yang jelas. Selama 4 tahun berkuliah bisa jadi ada orang yang hanya mengikuti sistem yang ada, tanpa benar-benar serius memilih jalannya sendiri.

Tak pernah ada satu hal pun yang bisa menjamin bagaimana hidupmu kelak. Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan selalu ditemani dengan sebuah konsekuensi. Dan untuk berani memilih suatu pilihan berikut konsekuensinya, dibutuhkan segenap keberanian. Aku pernah bertanya-tanya, mengapa ada orang yang memilih bekerja puluhan tahun di sebuah perusahaan, mengapa ada yang baru sebentar sudah keluar, mengapa ada yang sangat sulit mendapat pekerjaan, mengapa ada yang begitu bersemangat terus berpindah dan mencari pekerjaan terbaik, dan jutaan pertanyaan lainnya.

Hidup ini penuh ketidakpastian. Sekarang kau memilih yang itu, mungkin saja besok ada kondisi yang membuatmu memilih yang lain. Kini akupun mulai menyadari bahwa dunia bergitu relatif untuk banyak hal. Bagi sebagian orang pilihannya begini, bagi sebagian orang lainnya memilih hal yang sebaliknya. Sungguh sebenarnya, semua jadi terlihat benar atau semua bisa terlihat salah.

Well, maka sadarlah, setiap orang membutuhkan pedoman hidup. Pedoman hidup yang memberikan kita sebuah kelengkapan sistem hidup yang jelas. Sistem yang dipilih dengan kesadaran yang sebenar-benarnya. Sistem yang tidak membatasi fitrah kita sebagai manusia. Sistem yang punya hukum-hukum yang sesuai dengan cara kerja dunia yang kita tinggali.

Yang masih mencari sistem, teruslah mencari..
Yang sudah berada di dalam sistem, hayati..

Ahad, 1 Juni 2014
Hajah Sofyamarwa R.

No comments:

Post a Comment