Wednesday, January 25, 2012

Psikologi hewan a.k.a biologi perilaku (1st day at new semester)


Bismillahirrahmanirrahim
Hari pertama kuliah di semester 6 di tahun 2012!
Mata kuliah pagi ini adalah Biologi Perilaku (Biper) dengan dosen Ibu Lulu.
And you know what?
asik banget! ayey! :D
RULES
Pertama tama seperti biasa, kami sama-sama membuat perjanjian, semacam kontrak belajar. Toleransi waktu hanya 10 menit dengan kehadiran total min 80 % di perkuliahan dan praktikum.
Pada dasarnya tidak ada aturan yang aneh-aneh, kami diminta untuk proaktif agar proses kbm berjalan dengan baik. Oh ya, Zakky dan syifa sebagai orang yang beruntung menjadi Ketua kelas dan Sekretaris, hehe.

WHAT WE CAN LEARN TODAY
Ibu Lulu merupakan orang yang berkecimpung dalam bidang pengembangan mahasiswa ITB. Asik banget orangnya! Beliau punya data kondisi psikologis anak-anak ITB. Kalau disidik sidik, memang mata kuliah ini nampak seperti "PSIKOLOGI HEWAN", jadi cocok dah hoho. Beliau juga nampaknya salah satu trainer 7 Habbits (sayang sekalai saya me-cancel training ini..) dan salah satu nilai yang beliau terapkan adalah 3S (Senyum Sapa Salam). Kata beliau etika sederhana ini harus mulai dilakukan lagi, karena mencerminkan perilaku yang baik :)
  • Beliau juga memasukkan nilai nilai islam dalam pelajarannya. Seperti "Luasnya ilmu seperti lautan, dan yang kita pelajari mungkin hanya seujung jari".  Ilmu yang didapat jangan sampai sia-sia hanya karena niat mendapat indeks yang bagus semata.
  • Kenapa kita belajar? Pada hakikatnya untuk bertahan hidup, untuk survive! Karena kita perlu beradaptasi untuk keberlangsungan hidup kita.

BIPER INTRODUCTION
Studi Biologi Perilaku dikenal juga dengan sebutan Ethology. Definisi dari ilmu Biologi Perilaku adalah:
"Studi dari proses strategi adaptasi bagi keberlangsungan hidup hewan yang meliputi semua gerakan motorik dan semua sensasi yang dialami oleh hewan sebagai respons atas perubahan lingkungan internal milieu dan lingkungan eksternal (fisik, biotik, sosial)."
Ilmu ini mencakup berbagai hal, karena perilaku manusia/ makhluk hidup bergantung pada internal milieu (kondisi faal nya) dan lingkup eksternal juga. Jadi mata kuliah mata kuliah anatomi dan fisiologi akan keluar lagi disini namun diintegrasikan dengan  perilaku makhluk hidup tersebut.
Akan berbicara banyak mengenai sistem hormon dan (saat ini sudah sampai taraf) genetika.

MY THOUGHT
Ini jalan ku!
haha
Saya berpikir untuk mengambil S2 di psikologi. Cukup aneh bagi beberapa orang. Saya pun sempat bimbang dan ragu sama keinginan saya sendiri. Tapi saya juga belum tau rencana Allah buat saya apa, jadi bercita-cita sajalah! :D
biopsikologi mungkin?
*galau subjur: tetap tumbuhan atau disini?

jalani saja dulu, bismillah :)

image source : http://enchienuchuy.blogspot.com/
25 januari 2011
00:59
Warnet asrama putri

No comments:

Post a Comment