Sunday, January 1, 2012

kebiasaan bertanya

Hand up for ask (http://www.bbc.co.uk/wales/audiencecouncil/sites/contact-us/)

"A person who asks a question might be a fool for five minutes. But a person who doesn't ask, is a fool forever."
Seseorang yang mengajukan pertanyaan mungkin bodoh selama lima menit. Tapi orang yang tidak bertanya, adalah orang bodoh selamanya..

ungkapan di atas saya dapatkan dari sebuah postingan Shadeed Abdulmateen dalam sebuah group di facebook : Youth Empowerment Congress.

Ada benarnya kan? Dalam keseharian saya cukup sering bertanya. Kadangkala itu saya lakukan berulang lantaran memang saya tidak mengerti, dan si penjawab mungkin hingga kesal menjelaskannya.Namun terkadang dalam sebuah kesempatan bertanya, saya sendiri tidak memanfaatkan itu, dengan alasan (yang saya munculkan sendiri dalam pikiran) bahwa pertanyaan saya itu adalah pertanyaan yang tidak penting untuk ditanyakan. Atau "pertanyaan saya ngga keren, terlalu dangkal, malah merusak flow". Atau bagian otak saya lainnya bahkan sudah mencoba menjawabnya sehingga saya tak perlu menanyakannya lagi.
Padahal bertanya setelah mendapatkan suatu materi itu salah satu cara untuk memperdalam pemahaman kita ya? Juga sebagai indikator apakah materi yang kita dapat itu benar-benar kita serap atau tidak?

Ya, ngga usah takut terlihat bodoh, berbahagia lah menjadi seorang yang mau belajar :)
I'll try :D

No comments:

Post a Comment