Monday, January 9, 2012

mengapa spidol itu jatuh ke bawah?

image source : http://www.justschoolfurniture.co.nz/shop/whiteboards/accessories/whiteboard-markers

Bismillahirrahmanirrahim..

4 januari lalu abis nonton video bang imad (Imaduddin Abdulrahim, dosen agama itb)dalam 'hikmah fajar' (acara rohani islam di RCTI jaman dulu). Kajian mengenai Islam sebagai sistem nilai Terpadu.
Saya kagum sama beliau karena selain pengetahuan dan pemahaman islamnya luar biasa, beliau dapat menjabarkannya secara saintifik sehingga dapat dengan mudah masuk akal manusia, apalagi buat orang orang yang sering banget membenturkan sains dengan agama.

Dalam tayangan itu, ada satu ungkapan dari bang Imad yang menarik dan menggelitik sehingga menyebabkan saya menulis ini, yaitu:
"mengapa spidol itu jatuh ke bawah?
Saat itu saya pikir jawabannya
"karena gaya gravitasi, apa lagi?"

Mungkin beberapa dari anda juga berpikiran itu (atau mungkin tidak?)

Nah kita lihat jawabannya dari Al-quran surat Ali 'Imran ayat 83:
"Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan?"
(QS Ali 'Imran 3:83)
Apa coba jawabannya?
"karena dia islam."

Jadi dari ayat itu ada kata aslama = berserah diri. Sedang kita tau salah satu arti islam adalah berserah diri yang asal katanya dari aslama.

Jadi sluruh yang ada di alam semesta ini sudah 'islam' pada allah dengan mengikuti segala aturan Allah. Teori gravitasi yang nemuin emang Isaac Newton, tapi toh itu hanya temuan teori, sedang yang menciptakannya tetep Allah kan? Lah kalau kita yang manusia diberi akal untuk berpikir, kalo masih ngga 'islam', ya kalah sama spidol  :)


Jawabannya bener kan?
:)

Senin, 9 Januari 2012
19:25
404

2 comments:

  1. "Lah kalau kita yang manusia diberi akal untuk berpikir, kalo masih ngga 'islam', ya kalah sama spidol :) "

    ada2 aja statement nya.

    Allah memang memberi kebebasan pada manusia dan jin, yang tidak diberikan kepada makhluk lain. Kebebasan untuk memilih: islam atau ingkar. Dan setiap pilihan punya konsekuensi masing2.

    wallaahu a'lam.
    nice post.

    ReplyDelete