Monday, April 21, 2014

Kucing Sekolah : Lexon dan Foru

Saya ngga pernah nyangka bahwa suatu ketika saya akan menulis sesuatu tentang kucing. Pada dasarnya, sebelum ini, di mata saya tidak ada yang sebegitu spesial di diri kucing. Ngga suka-suka banget, juga ngga benci, biasa aja datar.

Pengalaman dengan kucing yang saya masih inget dari dulu sampe sekarang adalah, waktu masih balita tanganku pernah dicakar kucing pas lagi mandi. Setelah itu ngga ada kenangan manis apapun sama kucing manapun. #pundung hehe.

Llatarbelakang saya nulis ini karena terkenang sejarah perkucingan dalam hidup *halah*. Saat ini saya berada di lingkungan sekolah yang anak-anaknya doyan banget sama kucing. Rada flashback dulu pas jaman kuliah yaa hehe :D

* * * *

KUCING SITH ITB

Anehnya, semasa kuliah (khususnya di akhir-akhir), Allah menakdirkan saya bertemu dan dekat dengan teman-teman yang gila kucing --sebut saja Chamar dan Ira-- hehe. Saya ngga paham lagi, mereka kalo lagi ngomongin kucing itu udah kaya ngomongin manusia, pake perasaan. Saya yang gapcing *gagap kucing* ini cuma bisa ngedengerin sambil mencoba memahami sisi psikologi kekucingan kucing yang mereka bahas (?). 

Chamar melihara kucing di rumahnya, saya sampe lupa namanya siapa aja (mbul, igo?) karena suka ketuker sama nama adeknya dia hehe. Bahkan chamar pernah cerita kalo ibunya sendiri pernah ketuker manggil nama anak laki-lakinya sama kucing *gubrag hihi*. Seingetku sih chamar yang paling suka nyeritain psikologi kucing. Dan tau kan kalian gimana perasaan saya yang menganggap semua kucing itu sama saja? Hihi..

Ira yang gila kucing juga paham banget sosiologi per-kucing-an di SITH. Bahas sissy (nama kucing), kelakuan sissy, anaknya sissy yang baru lahir, anaknya sissy yang badannya kecil (teteh), anaknya sissy yang ganteng (gigan), pacarnya sissy yang baru, dll. Maap-maap ya kalo salah, jangankan silsilah dinasti kucing, selama 4 tahun kuliah di SITH, saya baru bisa bedain kucing-kuicng yang ada di tingkat akhir #thanks ra, cham :") hehe.

Di masa-masa TA, justru kami dipersatukan dalam bahtera kosan bersama (plus syifa, aku belum tau gimana perasaannya dia sama kucing). Jadi coba bayangkan, orang tiis kucing macem saya ini harus bisa memahami dengan baik, kisah-kisah perkucingan yang mereka ceritakan.

Saya percaya semua sudah ditakdirkan sama Allah, ngga ada yang sia sia. Yang selanjutnya dibahas adalah kucing di sekolah alam tempat saat ini saya ngajar :)

* * * *

KUCING SEKOLAH ALAM

Tadaa!

\

Yap, yang menarik dari anak-anak adalah tingkat kuriositas dan antusiasme mereka terhadap berbagai macam hal yang ada di sekitar mereka. Rasanya hampir semua anak di SD 2 (kelas lain juga) sayang sama kucing di atas. Perkenalkan, namanya Lexon, anak-anak memanggilnya Leksen. Katanya sih mereka yang ngasih namanya, entahlah inspirasi dari mana nama itu hehe.  

Karena sistem belajar kami lesehan (makan di lantai), lucunya setiap Leksen mendekat, petugas piket hari itu harus mengusirnya, rariweuh weh hehe. Kadang pake sapu lah disodok-sodok, atau di dorong-dorong (kasian juga ._.). Kalau ada kucing pas lagi buka kelas, repot deh. Gurunya dicuekin, kucingnya dioper-operin -_-, smuanya lebih perhatian sama si kucing. hihi. 

Leksen ini baru aja melahirkan. aduh, walaupun saya gapcing, akhirnya seneng juga ngeliatin suasana ini :')

Lexon dan 2 anaknya kyaa kyaa :')

Nah kalo yang ini, namanya Foru. asal-usul namanya saya juga belum tau. Beda karakter sama lexon, foru ini rada mager-an kucingnya. Tiis-tiis ngantuk gitu hehe. Karena saya belum ngerti psikologi kucing, mungkin kapan-kapan mesti ngajak ira dan chamar buat observasi *yaelaah*


Sebenarnya masih ada 2 kucing kecil lagi, namanya Lucy dan Alexandria (alexa) *buset dahh kece buanget namanyaa*, tapi belum sempet moto dan kayanya udah ada kakak kelas mereka yang ngambil buat dipiara di rumah.

Ada 1 anak yang seriiing banget nanyain keberadaan kucing-kucing itu pas lagi ngga ada, karena saya bingung jawabnya apa, saya sering banget bilang "iya ya, kemana ya, kayanya lagi jalan-jalan deehh :D" (hehe abis bingung -_-)

* * * *

DIbalik semua pengalaman saya sama kucing dan anak-anak, malah saya yang jadi belajar buat sayang sama binatang. Anak-anak itu pada dasarnya sayang sama binatang, hanya kadang kurang tepat pengekspresiannya, yang menyebabkan si binatang malah tersakiti. Kalau mau ngajarin anak-anak buat sayang binatang, kita harus nyontohin dong ya, ngga cuma ngomong teori aja? :)


Kamar, 
21 April 2014
Selamat Hari Kartini !

No comments:

Post a Comment