Saturday, February 15, 2014

One Day One Lesson - Branding, Marketing 3.0

Lagi ngetrend ODOJ (One Day One Juz), kemudian muncul ODOP (One Day One Page), ODOL (One Day One Line), ODOA (One Day One Ayat), dll

januari lalu saya diajakin sama Kang Bezie dan Teh amie buat gabung di milis ODOL (One Day One Lesson). Tujuannya untuk saling berbagi pelajaran yang didapat di hari itu. Seru deh dapet cerita belajar dari kawan-kawan :) Ckck.. Udah lama banget saya absen dari dunia per-ODOL-an ._. tiba-tiba keinget dan jadi ingin mosting disini :)

* * * * *
BRANDING, MARKETING 3.0
Bismillah
Assalamualaikum semoga keberkahan diberikan Allah pada kita semua..
Kabar baik kang, teh?  Alhamdulillah.. :)

Mohon ijin memperkenalkan diri ya? Saya Hajah Sofyamarwa Rachmawati, akang teteh bs panggil saya hajah :)

 
Alhamdulillah saya bersyukur punya kesempatan bergabung dgn kawan2 untuk saling berbagi. Terimakasih khususnya untuk kang bez dan teh ami yang mngajak dan memfasilitasi milis ini.

 
Kawan2 tau? Walau belum ramai, Sy senang sekali saat tahu ada email baru yg masuk, yang isinya rumusan pembelajaran dari kawan2 milis ODOL ini. Rasanya seperti dapat kejutan, karena jadi penasaran menebak nebak hal menarik apa yang kawan2 alami sbg pembelajaran.
Alhamdulillah :')

 
Kemarin berkesempatan ikut kelas inspirasi branding nya kang Monde dari KSM di audi inspira. Pikiran saya dibukakan mengenai generasi marketing di era ini, mas Philip Kotler et al menamainya era Marketing 3.0.

 
Marketing 1.0 berfokus pada produksi barang, distribusi pada pelanggan. (Vertikal aja)
Marketing 2.0 mulai memerhatikan sisi emosional manusia.
Dan Di era teknologi internet spt skarang, Marketing 3.0 bergerak horizontal yg basisnya human spirit. Ada nilai tambah ketika membeli suatu produk, tp kita bisa trut berkontribusi pada suatu hal (kelestarian bumi, kemanusiaan,dll). Perusahaan melibatkan pelanggan dalam banyak hal. Pelanggan lbh aktif mencari yg dia inginkan dgn fasilitas internet dan jaringan teman.

 
Pernah inget rumusnya mas einstein yg E= mC^2? Hihi, Dalam marketing agak dimodif sedikit jadi seperti ini sama pa yuswohadi

E = wMC^2
E = energi marketing yang maha dahsyat sedahsyat bom nuklir (ini bukan sy yg lebay ya, emg begitu ktny hehe)
C = community (online offline)
wM = word of mouth (rekomendasi dan testi pelanggan)


Kang monde jg bilang, 2 hal yang saat ini paling efektif adalah bersosial media dan berkomunitas.

 

"The world became flat", kini hampir ga ada batas antar siapapun. kemajuan teknologi berbasis internet bisa mentransformasi individu, membebaskan potensi, dan kreativitasnya.
Ada buku bagus ktny terkait ini: The world is flat, A brief history of the 21 century, karyanya mas Thomas L. Friedman. Belum baca juga sih hehe.

 

Intinya di era ini, lebih melibatkan pelanggan dan komunitasnya. Karena pada suatu ketika, mungkin saja loyalitas pelanggan lah yang "ribut" memasarkan produk kita. Jadi selain memperbaiki kualitas produk, pintar2 kita dalam menjaga hubungan baik dgn komunitas kita.
 

Kang teh, cukup menarik bagi saya yg visual untk membahas desain logo.
Branding erat kaitannya dengan logo. Kemarin bnyk dibahas tentang dasar2 dalam design bentuk suatu logo dan psikologi warna2. Usahakan visi dan value jelas, kemudian dirangkum menjadi logo kita.

 

* * * *
1 Pelajaran lagi, kalau udah adzan, derr langsung wudhu dan shalat. Sesaat sblm magrib sampai adzan tadi keasyikan ngetik ODOL, eh ditegur sama Allah dgn jari yg ga sengaja mencet discard a.k.a smua yg udh ditulis jd ilang smua.
 

Cukup sekian dulu ya dari hajah.
Semoga bermanfaat :)
Semoga istiqomah saling berbagi makna :D

16 Januari 2014

No comments:

Post a Comment