Thursday, March 23, 2017

My NHW #9


NHW kali ini, ada 2 project yang saya rencanakan. (1) Curhat Tetangga, dan (2) Rumah Belajar Mamah Haidar.

2 project ini saya rancang berdasarkan empati dan passion saya. 

Project (1) Curhat Tetangga
Latar belakang : mendorong diri saya pribadi untuk mau bergaul lebih dalam pada tetangga rumah. Dari pengamatan saya pada beberapa ibu muda masa kini (generasi y) banyak pula yang sering terpaku pada gadget dan jarang benar benar berinteraksi dengan tetangganya. Padahal tetangga adalah keluarga terdekat.
Deskripsi : biarpun namanya curhat, tapi tidak melulu harus hal pribadi, sekedar penamaan saja. Merupakan program pdkt pada tetangga dengan mengobrol santai, dan mengambil sisi yang bisa dipelajari. Hasil diposting ke dunia maya untuk dapat menginspirasi yang lain, dan kalau perlu dicetak dalam buletin lingkungan sekitar (edaran)
Sasaran : Ibu-ibu dan anak anak
Harapan : banyak yang mau mulai kenal dekat dengan tetangga, memotivasi orang di dunia maya dan nyata, memotivasi untuk bisa terus berkarya karena profil diri diangkat.
Teknis :
- buat jadwal main ke tetangga
- bawa buah tangan
- ngobrol, gali hal positif.
- buat tulisan, sebar di dunia maya. (Dan kalau mungkin dalam buletin RW misal)

Project (2) Rumah Belajar Mamah Haidar
Latar belakang : terdapat banyak anak anak di daerah rumah yang sore sore keluar main bersama. Terkadang mereka bingung main apa, sehingga perlu diarahkan pada mainan yang lebih bermanfaat. Banyak yang tertarik pada buku, namun mungkin belum memadai fasilitas bukunya. 
Deskripsi : open house rumah untuk jadi taman baca. Dan setia 1 x dalam sepekan ada event khusus misal belajar membuat sesuatu, pembacaan dongeng, dll.
Sasaran : anak anak sekitar
Harapan : anak terfasilitasi belajar dan bermain yang bermanfat dan terprogram, akses yang terbuka pada perpustakaan menambah kecintaan pada ilmu.
Teknis : 
- berusaha menambah koleksi buku2 dan permainan edukatif anak
- membuka pintu rumah setiap sore
- ajak anak tetangga ikut beraktivitas tematik pada 1x per pekannya.


Itulah 2 project yang saya pikirkan dapat dilakukan untuk saat ini. Ke depannya bila ada perubahan atau ilmu baru, akan diapdet insyaallah.

Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah amal shalih.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * *
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

_Matrikulasi IIP batch #3_
_Nice HomeWork #9_
*BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN*
Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.
Rumus yang kita pakai :
*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*
Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.
Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.
Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.
Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.
Mulailah dari yg sederhana,  lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.
Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.
Bagaimana caranya? Isilah bagan-bagan di bawah ini:
(Gambar)
Selamat menjadi agen perubahan
Karena
_Everyone is a Changemaker_
( Setiap orang adalah agen perubahan)
Sampai jumpa di perkuliahan Ibu Profesional selanjutnya untuk bisa lebih memahami secara detil matrikulasi IIP ini.
Salam,
/Tim Fasilitator IIP/

No comments:

Post a Comment