Thursday, May 15, 2014

Tips Anak Membereskan Mainan Sendiri

Sudah hampir 2 bulan saya “belajar” di Sekolah Alam Bandung, banyak banget sebenernya yang ingin diceritakan, dicicil aja ya :D Nah, salah satu capaian untuk anak kelas SD 2 dalam lingkup interaksinya dengan alam adalah : “Tertib membereskan barang setelah digunakan”, alias “abis main, beresin lagi” 

Saya kepikiran share ini karena dua ponakan saya yang SD kelas 1 dan 3 kadang juga suka susah beresin bekas mainannya. Namanya juga anak-anak umur segitu segala dipake, tapi kadang ngga mau beresin. Paling oke kalo setelah make 1 barang, langsung dikembalikan. Yang repot adalah kalau mereka udah bikin rumah kaya kapal pecah, mereka juga males mau beresin karena merasa terlalu banyak.


Gampang gampang susah, asal tahu trik nya, setidaknya akan lebih mudah :)

1. Membersihkan Sampah berserakan.

Metode ini diadaptasi dari Bu arti (parner di kelas yang zzupperr), menggunakan cara-cara mengaitkan “suruhan” dengan matematika.

“Silakan ambil sampah minimal 3!”

Seketika anak-anak berhamburan mencari sampah sampai minimal 3, menunjukkan pada ibu guru, dan membuangnya.
Anak-anak jadi semangat karena ada targetan yang bisa dikejar, dan kelihatan mudah dicapai. Yang anaknya masih males banget? Ambil 1 sampah, sobek-sobek sampe 20 ._.


2. Membereskan Barang yang Sudah digunakan

Ini baru aja kepikiran tadi ketika icha sama sekali ngga mau beresin bekas mainannya, kakak caca lebih bisa kompromi. Marah-marah cuma ngabisin energi, ngga bagus buat anaknya dan anaknya juga malah nangis (tetep ngga beres). Langkah ke nol adalah minta maaf dulu kalo tadi sempet marah, tanyain alasannya, dengarkan.

Yang pertama, secara psikologis dia ngerasa berat kalo harus beresin semua, bilang kita akan bantu.
Kedua, walau kita bantu, dia harus tetap tau kalau barang yang kita bereskan adalah tetap tanggung jawab dia, jadi tetap tanamkan hal itu.
Ketiga, gunakan pengkaitan dengan hal lain missal matematika lagi (hehe).

“Ini baju yang tadi ica pake kan, bukan sama tante fya, tapi tante fya bantu. 1! Ini kain dipake kakak tadi, bukan tante fya yang pake, tapi tante fya bantu. Tante fya udah 2 niihh. (ambil barang lain) 3! 4! 5! Kakak udah berapa?? Dst.”

Setelah itu, anak-anak akan ikut menghitung dan ikut mengambil barang untuk dibereskan. :D
Dengan suasana kompetisi yang seru, hampir setiap orang akan suka (walaupun saya ngga ngejanjiin kado ._. hehe )

* * * * *
Belum banyak sih buku parenting yang saya baca, kalau ada yang kurang pas tolong dikabari ya. Saya share karena cara ini sudah saya buktikan berhasil.



Syang Anak, Sayang Anak!

:)

Kamar, 15 Mei 2014
Hajah Sofyamarwa R.

No comments:

Post a Comment