Wednesday, August 2, 2017

Sebuah Renungan : Orangtua Teladan Utama

Jadikanlah masalah pertama yang kau lakukan untuk memperbaiki anak-anak khalifah adalah memperbaiki dirimu sendiri. Karena kondisi mereka bergantung kondisimu.
Kebaikan bagi mereka adalah tentang apa yang kaulakukan, sedangkan keburukan bagi mereka adalah apa yang kau tinggalkan, bukan apa yang kau larang.
Imam syafi'i

Anak mungkin salah dalam berbuat, tapi anak tak pernah salah meniru. Kejernihan hatinya sangat mudah terwarnai oleh sekeliling mereka.

Banyak orangtua yang bertanya-tanya, mengapa anak saya begini, mengapa anak saya begitu. Anak yang semasa kecilnya begini begitu, entah mengapa setelah besar menjadi seseorang yang tak mereka kenal.

Mari sejenak melihat kepada diri sendiri. Sudah mencontohkan apa saja kita dalam keseharian kita. Sudah punya proyek perbaikan apa untuk diri pribadi. Karena terkadang jawabannya tak pernah jauh panggang dari api. Sangat dekat, dan sangat berkaitan dengan kita pribadi.

Kadang kita melarang ini itu, tapi kalau kita sendiri masih tanpa sadar melakukannya, bersiaplah menuai hasilnya.

Maka semoga kita dianugerahkan Allah azzam yang kuat untuk memperbaiki diri. Mau mengoreksi diri dan menerima kritik yang membangun. Sabar melawan egoisme pribadi. Melakukan segala perbaikan karena Allah, agar Allah ridha membimbing jalan-jalan kita.

Aamiin

Rabu, 2 agustus 2017
Hajah Sofyamarwa R.

#30dwc #30dwcjilid7 #30dwchajah #day27

No comments:

Post a Comment