Wednesday, March 18, 2015

Polisi dan Razia Motor yang Aneh

Bismillah, ini kompilasi kisah saya waktu kena razia motor. Hehe. semoga saya inget sama pelajaran berharga ini, dan semoga ada cuilan manfaat bagi yang baca :)

SEBELUM PUNYA SIM
1. Razia di polsek ciwastra
Kisah : waktu itu masih kuliah tingkat 2 kalo ga salah. Saat itu udah magrib, mau ke rumah sodara di baturaden buat pinjem kamera. Karena deket (geser komplek doang dikit), berasa ga usah nyiapin apapun. Ternyata di setop sama pak polisi di polsek. Jeleger 🔥🔥
Kondisi :
- no sim
- no STNK
- lampu ngga dinyalain
- ngga pake helm
Status : ke laut aja ya mending hehe
Ending : NANGIS BOMBAY (udah tau salah, ngga bisa ngapa ngapain lagi. Udah gitu motor mau disita padahal motor kakak ._.) Nelepon rumah, mashan dateng, nego damai, bayar 100.000. Lanjut nangisnya. Inget banget waktu itu masih polos, sidang teh gimana?? Si mashan cuma ngakak. Ahahaha. Emang belum pantes dapet SIM mental begini mah

2. Razia di jl. Supratman (28 juni 2014)
Kisah : entah dari pagi udah ada feeling ngga enak pas tau ada razia.
Siang nya pas pulang, udah takdirnya ke gap gara gara lampu mati. Hehe
Biasa kan dikasi tau denda dll. Terus tadinya mau disidang tgl 11.
"siap pak insyaallah"
Trus dia bilang : kalo gini motornya mesti ditahan juga. Keberatan?

"Ya Keberatan lah pak, biasanya juga stnk aja."
"Tapi paling sy telpon ortu dlu, ijin pulang g bw motor. Sy pulang naik angkot."

"Ade adanya berapa? Bisa dibantu."

"Ada 100ribu pak, tapi ini uang buat bayar sesuatu di rumah (oriflame). Kalo sy pulang g bawa uangnya, percuma pak."

"Ada brp atuh, dibantu. 50 ada?"
"Beneran pak ngga ada segitu."

"Motor ny ditahan, kasian ke adenya"

"Iya pak, tapi ya kalo harus gitu ya udah. Da emang salah. Gpp insyaallah."

*polisinya bingung mikir gelisah*

"Yaudah ini peringatan aja. Bisa kan ya bikin sim. "
"Bisa pak insyaallah."
Kondisi :
- STNK kadaluarsa
- no sim
- lampu mati
Status : Nekat ga punya sim, lupa cek lampu.
Ending : dibebaskan, kekeuh milih sidang. Mungkin ribet kalo mereka harus ngangkut motor. Hehe

SUDAH PUNYA SIM
Well, bagi saya kepemilikan sim saya itu sebuah prestasi (dasar ya ga punya prestasi lain hihi), dibuat secara sadar dan penuh perjuangan (lebay haha). Karena sebelum punya sim saya nekat tetep bermotor (dengan mesti deg degan terua tiap liat pak polisi dengan baju stabilo), setelah punya sim, suka kepingin ditangkep pas razia (dasar, gitu aja sombong). Saya penasaran dengan karakter tiap polisi yang ditemui.

3. Razia di belokan jl. Jakarta menuju laswi (sept 2014)
Kisah : habis survey gedung pindad buat nikaha. Mau jemput icha di banjarsari. Sempet mikir kelupaan bawa helm buat icha, tapi yaudah lah ya. Biasanya ambil jalur supratman, malah belok kiri, dan TRAP! LAGI ADA RAZIA.
Kondisi :
- STNK kadaluarsa
- kestop karena LAMPU MATI!
Status : lupa banget ga ngecek.
Ending : STNK Ditahan. Pak polisi nya bagus ini mah, emang ga nawari nego apapun. Sidang langsung di pengadilan katanya. Yes sidang! (Emang pingin nyobain). Pas ke pengadilan beberapa hari kemudian, ternyata masih di jalan jawa) Ambil ke polres, dinasehatin, bayarnya 40rb. Yaa, gagal ngerasain sidang :"((

4. Razia di soekarno Hatta dekat MTC (18 mar 2015)
Kisah : asalnya yari kunci motor di rumah ga ketemu, dompet ketinggalan. Jadi kedistrak buat inget bawa stnk (padahal udah dipegang sebelumnya). Biasa lewat sini selalu mepet polisi (siapa tau dipanggil hehe ga ding. Kalo mepet justru emang jarang dipanggil karena mungkin ga keliatan menghindar). Ternyata STNK nya ketinggalan! Dipanggil lah, dan minta sidang aja.
Kondisi :
- no STNK
Status : lupaa
Ending : dibebaskan begitu saja.
Saya bilang stnk nya tadi udah dipegang, malah ketinggalan.  Diperlihatkan tabel denda maksimal yang bikin orang takut (500rb). Pak polisinya nawari opsi sidang, titip sidang, dan menitik beratkan pada titip sidang. Polisi pertama bilang 60rb. polisi kedua bilang 75rb, saya protes bukan karena harga nya turun, tapi karena ga konsisten, pasti ada apa apa dong. Saya kekeuh aja sidang, saya bilang da emang saya salah, saya bilang bisa sidang tanggal segitu.  Terus dia bilang motornya yang ditahan. Saya protes karena polisi di razia edisi seblumnya bilang sim yang ditahan. Kekeuh aja mau sidang.
Bapaknya manggil-manggil saya bu haji, pas aku sambil nunggu dan tiis ngemper di trotoar (haha). Singkat cerita dibebasin, dan bilang jangan lupa lagi ya. Akhirnya ibu dateng bawain stnk. (Haduh haduh).

* * * * * * * * * *
Dari pengalaman razia yang saya alami, ada 2 sikap polisi yg saya temui :
(1) tegas bener-bener negakkin hukum,
(2) negotiable bahkan sebelum kita nya ngomong apapun.
Mana yang saya suka?
Jelas yang pertama, walaupun pada pengalaman saya, aga ribet mesti ke pengadilan.
Tapi jenis kedua, saat dia ngajak nego rasanya pingin ngomong macem macem nanyain aturan hukum yang berlaku. Ketika dia nyebut aturan aneh, rasanya saya pengen kejar supaya dia bisa ngomong yang benernya. Walaupun jenis polisi kedua ini yang bikin saya bebas dari aturan yang berlaku hehe (enak aja sih saya mah dibebasin)

Hikmah nya :
1. Periksa kelengkapan bermotor
2. Pegang prinsip yang bener. Prinsipnya penegak hukum mesti tegas, dan ga boleh lembek. Trus sebagai warga negara yang berusaha taat agama dan bangsa, kalau kita nya lembek, penegak hukumnya juga ikutan lembek.

Saya ngga tau mungkin suatu saat bisa jadi kena razia lagi, dan bisa jadi ngga seberuntung ini. Dan siapa yang tau nanti nanti taunya saya ngelakuin yang ga bener juga (naudzubillah, doain jangan ya). Tapi beneran deh, sy belum nemu istilah titip sidang dan bayar di tempat itu suatu hal yang benar. Kalo ada yang tau, tulung banget ya sharing.
Pegang prinsipnya, berani aja karena benar. (Kecuali pak polisinya ngasi tau ada peraturan resminya)

* tadi lihat pak polisi marahin anak cabean abg, setelah uangnya dimintain. Sedih banget liatnya ._.

* apresiasi sama pak polisi yang pernah nilang saya. Dan saya yakin banyak pak polisi indonesia yang senantiasa tegas menegakkan kebenaran :D

* * * *
Baru pengadilan dunia, brosist.
Pengadilan akhirat ngga bisa "sekedar" pengen nyobain rasa disidang, nyuap malaikat, titip hisab; terus nanti bisa jalan jalan ke surga neraka bebas.
Astaghfirullah..

T.T

No comments:

Post a Comment