Friday, April 19, 2013

udah berusaha memenuhi hak orang lain, belum?

Bismillah..
Ini beneran, ternyata banyak banget hal yang sering  aku lewatin alias ga bener-bener aku pedulikan. Mungkin bukan maksudnya sengaja, tapi mengenai pemaknaan, kan ga selalu bisa kita dapat.

Sudah hampir 3 bulan ngekos di pelesiran sini. Banyak hal yang dulu-kupikir-aku-tidak-begitu, tapi kenyataannya sebaliknya. Nah suatu saat pas lag ingelingker rutin (halaqah/mentoring) dapat materi ttg adab terhadap sesama muslim. Catet, ADAB. Ya, adab gituloh, yang biasa dipelajari tiap di pelajaran agama waktu jaman sekolahan dulu. Dan yang aku sadari sekarang, ternyata aku ga bener-bener ngamalin.

* * *

Ini  salah satu contohnya :

"Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam:
jika bertemu maka berilah salam,
jika tidak kelihatan maka cari tahulah,
jika sakit maka jenguklah,
jika mengundang maka penuhilah,
jika bersin dan mengucapkan hamdalah maka jawablah (dengan mengucapkan 'yarhamukallah',
dan jika meninggal dunia maka hantarkanlah (ke pemakaman)."
(HR Muslim)
Beneran loh, sebelum ini, aku baca hadits rasul di atas itu rasanya BIASA BIASA AJA, dan aku mikir itu hadits "NORMATIF BANGET", "GA USAH DIINGET JUGA DILAKUIN".
PADAHAL ENGGAAAAK!

Aku baru sadar ternyata dari 6 hak yang harus kita penuhi terhadap sesama muslim itu, bahkan hampir semua dilupain. T_T


Mari liat satu-satu
1.       Kalo ketemu, ngucap salam ga?
Kalo aku ketemu orang lain seringnya, "Hey!!"
Mending kalo dilanjut sama salam, lah seringnya enggak. Padahal ucapan salam itu doa. Ya toh? Alternatif : Hey! Assalamu'alaikum! (pake senyum, kalo lengkap lebih oke lagi sih)

2.       Ada temen yang biasanya ada malah ga ada, nanyain kabarnya ga?
Aku ngebayangin hadits ini kalo di jaman dulu kondisinya belum ada sms, facebook, twitter. Jadi bahkan effortnya lebih. Nah sekarang komunikasi udah gampang banget, harusnya lebih bisa kan?
Sms gitu minimal.

3.       Kalo sakit, nengokin ga?
Paling inget kejadian terbaru. Ada temen sakit, nah aku udah tau dia sakit, malah sama sekali ga ngejenguk. Cuma nge sms -_- #jleb
Parah, maafin terlalu sibuk sama diri sendiri :s

4.       Kalo diundang, dipenuhi ga undangannya?
Kalo kondangan biasanya dateng sih hehe. Kejadian masih fresh juga, diundang sama orang tuanya temen untuk makan siang bareng, malah ga dateng, bahkan aku lupa ga kasih kabar -_-
Parah, huhu maaf tante T_T

5.       Ada yang bersin dan ngucap kalimat Hamdallah, balas doanya dengan Yarhamukallah ga?
Nah ini nih yang kuperhatiin agak luntur. Maaf ya buat temen yang bersin, aku suka lupa bilang yarhamukallah, padahal itu hak kamu. Huhu

6.       Ada yang Meninggal dunia, nganter ke pemakaman ga?
Sejauh ini masih diusahakan, tapi memang belum ada kerabat yang urgent buat dihantarkan.
(bukan ngedoain cepet, ini mah kan bahkan bisa aku yang duluan)

* * *
 
Intinya mungkin memang ga semua bisa kita amalkan dengan lengkap, karena memang tergantung kondisi kita juga, dan kita yang lebih tau dan bisa menyesuaikan.
Tapi akan lebih baik kan kalau kita usaha dikit-dikit?
Allah juga ngerti kok kalo kita serius pengen berproses menuju apa yang Allah kehendaki.

Tulisan ini sama sekali bukan kajian terhadap isi hadits ya (ya kali sembaranga begini -_-), ini cuma refleksi diri aja sekaligus usaha buat menunaikan tugas untuk saling ngingetin.
Banyak ko kalo mau sumber2 kajian yang bagus, pengajian banyak, mbah google udah ada, kayanya asal niat pasti dapet ko jaman sekarang mah.
Semangat jah!
Dengan ini aku minta maaf buat temen-temen yang masih sering terdzalimi, mudah-mudahan masing-masing bisa semakin baik ya :)

___________
*mulai terpikirkan sejak 5 april 2013 baru nulis sekarang
*free writing tanpa proses editing (dibaca =  nulis sembarangan -_-)

No comments:

Post a Comment