Tuesday, July 22, 2014

Niat : 5 Detik Pertama Aktivitas Kita


Apa selama ini kamu udah merasa bahwa semua yang kamu kerjakan dalam hidup, semata kamu persembahkan untuk Allah SWT,  atau untuk kepentingan lain?

Banyak dari aktivitas kehidupan  kita yang luput dalam pengawasan diri. Kita sudah tahu bahwa sesuatu yang tidak didasari karena Allah, sebaik apapun aktivitasnya, maka tidak memberikan keuntungan sedikitpun di hari akhir nanti.

Seringkali niat kita tidak tepat, entah kenapa menjadi begitu banyak “tuhan-tuhan” lain di sekitar kita. Beberapa pengotor dalam memulai aktivitas antara lain : Ingin dilihat, ingin didengar, ingin menonjol, ingin dianggap terhebat, ingin dianggap shaleh, ingin dianggap baik, ingin dilihat ‘dia’, malu sama yang lebih muda, malu kalau tidak berbuat hal yang sama dengan yang lain, terpaksa, kebetulan bisa, dan banyak lagi yang lainnya. Padahal inilah 5 detik pertama yang menentukan keberkahan aktivitas kita, niat.

Niat memang tidak cukup dengan hanya 5 detik saja, tapi bila setiap detik sebelumnya jiwa hidup kita sudah mengarah pada Tuhannya, bukankah 5 detik meluruskan niat menjadi lebih mudah?

Kita akan mendapatkan apa yang kita niatkan, insyaallah. Sudahkah kau tau bahwa orang yang cerdas adalah yang niatnya meliputi bumi dan menjangkau sampai ke langit? Kau sudah tau apa yang harus kau pikirkan setiap detik.

“Amal ibadah tidak akan sah kecuali jika diiringi dengan niat. Karena niat tanpa amal diberi pahala, sementara amal tanpa niat adalah sia-sia. Perumpamaan niat bagi amal, ibarat ruh bagi jasad. Jasad tidak akan berfungsi jika tanpa ruh, dan ruh tidak akan tampak jika terpisah dari jasad.”
--- Al Baidhawi

Semua amal perbuatan tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang ia niatkan. Barangsiapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya untuk apa yang ia tuju.
--- Hadits Shahih Muslim Nomor 1907



Belum, semoga Allah kuatkan ikhtiar kita semua.
#TanyaHakikatHidupDanKematian

Hajah Sofyamarwa R.
20 Juli 2014



* * *
Pertanyaan #TanyaHakikatHidupDanKematian ini adalah salah satu dari sekian banyak daftar pertanyaan yang terdapat dalam buku Anis Matta, "Delapan Mata Air Kecemerlangan", yang saya coba jawab dengan sebuah tulisan :)

No comments:

Post a Comment