Tuesday, January 28, 2014

Tausiyah Pengajian Pra-Nikah Hani Tanri H-1


Salah satu kewajiban orangtua saat menikahkan adalah memepersiapkan anak-anaknya dengan ilmu-ilmu syariat. Tidak sedikit juga orangtua yang justru lebih sibuk dengan hal-hal yang bersifat teknis terkait mempersiapkan resepsi pernikahan, padahal bekal ilmu agama lah yang paling penting.


Ada 3 tipe keluarga:
1. Keluarga yang punya niat awal berkeluarga untuk bahagia, tapi begitu prahara menerjang, tidak sanggup untuk melanjutkan. Pernikahan diliputi dosa dan derita, kemudian berpikir untuk bercerai saja. Keluarga ini kurang iman, kurang sabar..
2. Keluarga yang niat awalnya memang untuk bahagia. Ketika diterjang masalah tetap ingin melanjutkan, tidak ingin bercerai. Mempertahankan ikatan, tapi mengakumulasi masalah-masalah, dan tidak sungguh-sungguh menyelesaikan masalahnya. Kalau istilah jawa “Awet Rajet” 
3. Tipe Keluarga ketiga adalah keluarga paling bahagia, dan semoga kita semua dimampukan untuk membangunnya. Keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Di dalamnya penuh cinta, tenang, damai, penuh kasih sayang. Bukankah Allah memberikan kita pasangan agar kita tenteram bersamanya? Aman, nyaman, dan saling menentramkan jiwa..

Keluarga bahagia, itu yang semua manusia inginkan. Kita umat islam sudah punya tuntunan dari rasulullah dan istri-istrinya, pelajari dan praktekkan pada keluarga kita.
  
 Ada 5 hal yang diwasiatkan:
1. Niatkan menikah sebagai ibadah
2. Prakteknya jalankan dengan ibadah
3. Jalankan dengan akhlak yang baik
4. Sabar
5. Jangan kecewakan Allah
Takutlah pada dosa yang balasannya dipercepat di dunia.
(1) dosa pada orang tua. Maka muliakanlah orang tuamu. Mertuamu adalah orangtuamu juga, jangan dibeda-bedakan.  
(2) dosa suami dzalim pada istri nya, dan dosa istri yang dzalim pada suaminya. Prihatin pada ibu-ibu yang sering ikut pengajian tapi tidak berlaku baik pada suaminya, begitu juga sebaliknya. Derita dari Hal ini sudah bisa di lihat di dunia.
(3) Memakan harta haram. Jangan biarkan ada harta haram menafkahi keluarga.


Semoga bermanfaat.
Ringkasan ini juga dibuat khusus juga buat hani, kayanya pas pengajian hani ngga sempet nyatet ya hehe :) *walopun mungkin ada dokumentasi video? hehe*
pemberi tausiyah adalah ustadzah mimin aminah. 
mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam meringkas :) 

No comments:

Post a Comment