Tuesday, January 28, 2014

Gaji Level Martabak

Halo, saya sudah lulus kuliah S1 biologi ITB oktober 2013 lalu. Aku tahu aku bukan satu-satunya orang yang sedang merasa berada pada kondisi seperti ini : mencari dan mendapat pekerjaan, menata hidup, menata mimpi, memilih langsung lanjut S2 atau tidak, dan mencari-cari kesibukan. hehe

Kau harus tahu aku belum cerdas financial. Sebelum ini aku masih terbiasa diberi uang oleh orang tua. Namun di suatu malam setelah aku lulus, secara eksplisit kakakku bilang seperti ini :
“Kamu tuh kalo udah lulus S1, pikirannya harusnya udah ngga minta uang sama bapak mamah lagi.”

Kau tahu, saat diberi tahu seperti itu saya masih belum terima. Mungkin saya masih ngga rela dengan kenyataan yang saya harus hadapi. APAAAAA?!? TIDAAAK!!!

Tapi ya begitulah katanya. Aku juga banyak belajar secara implisit dari adek semata wayangku. Dia sudah merantau berkuliah di jogja sana, dan kulihat dia sudah sangat mandiri. Sebagai kakak, aku malu sih karena telat sadarnya. Tapi dari pada iri, lebih baik terinspirasi kan? :)

Ya, aku belum cerdas secara financial. Sebelumnya, bagiku mencari uang bukanlah suatu hal yang kupikirkan. Ada syukur, ngga ada juga pake aja yang ada, kan hampir selalu ada jaminan dari bapak sama mama. Begitulah pikiranku sebelum ini.

Insyaf.
Lama-lama aku sadar kalau uang itu penting (yaiyalaah) untuk diperhatikan. Ya, perlu diperhatikan usaha-usaha untuk mendapatkannya.

Sebenarnya aku ngga se apatis itu sih sama uang. Siapa sih yang ngga seneng kalo uangnya buanyak. Hehe. Aku juga pernah bisa ngehasilin uang sendiri dari jualan kue basah, jual mukena, jual pulsa, jadi asisten praktikum. Jadi guru privat sejak tingkat 3 juga manfaatnya triple, melakukan hal yang disenangi karena bisa berinteraksi dengan si anak, berbagi ilmu yang dimiliki, dan mendapat insentif dari sana. Tapi tetep, mindset nya waktu itu memang masih sekedar cari tambahan, bukan berjuang untuk hidup (tsaaahh).

Alhamdulillah sekarang udah ngga minta uang lagi, meskipun masih numpang makan dan tinggal gratis di rumah. Hehe. Alhamdulillah walau serabutan, insyaallah masih bisa idup hehe. Di satu sisi aku juga belum kebayang kerja kantoran biar punya penghasilan tetap. Sementara masih suka kesana-kemari *dasar*

Belum punya penghasilan tetap, masih sembarangan megang uang sendiri. Kalo kata chamar (temen sekamar saya di asrama dan di kosan), “hajah itu suka keliatan ngirit banget kalo makan, tapi kalo udah belanja kaya kebanyakan duit”. Ckckck iya sih emang, ga sayang duit apa ya.. -_-

Suatu hari saat lagi ketiban “gaji”, kepingin bawain sesuatu buat orang rumah. Kojo banget beliinnya martabak doang! Hahaha. Walaupun rekor saat ini paling Cuma bisa beliin martabak, tapi seneng deh karena aku udah mulai berani buat ngasi sesuatu buat yang di rumah.

Yah, masih gaji level martabak
Semoga naik level! :)
Aamiin

18 Jan 2014
Hajah Sofyamarwa Rachmawati

No comments:

Post a Comment