Sunday, November 11, 2012

aku ngajak orang ke mana sih?

Dipikir-pikir cukup lama juga saya berada di jalan ini. Bukan karena sudah kuat, tapi ingin menjadi kuat, tentu saja. Kalau bisa dibilang, asam-garam problematika kehidupan saya rasakan setelah memilih jalan ini. Di jalan ini saya jadi lebih memperoleh gambaran mengenai diri saya, apa yang saya suka dan apa yang tidak saya suka. Di jalan ini juga belajar banyak mengenai berbagai karakter manusia.

Orang bilang ini dakwah, menyebarkan nilai-nilai islam yang kita tahu.
Allah bilang kita ngga boleh nyembunyiin ilmu, selain itu juga harus berupaya melakukan yang kita telah sampaikan. Memberi dan menerima, merealisasikannya pada diri sendiri.

Visi saya tentang jalan ini adalah bagaimana membahasakannya menjadi lebih mudah diterima siapapun. Bagaimana muatan islam yang mulia itu dapat diterima berbagai kalangan. Otak-otak marketing-lah. Hal-hal kreatif, nyeleneh, unik, ringan, semacam itu. Pekerjaan-pekerjaan saya jadi mayoritas seperti itu lah, yang penting orang tertarik dan ga takut dulu. Negatifnya, terlalu mikirin apa penilaian orang. Gimana pun kontennya,  yang penting rame lah.

Biasanya jurusnya pakai acara makan-makan, pembicara yang kocak dan lucu.
Yang jangan dilupakan adalah, setelah rame itu mau apa? Mau digimanakan?
Seringnya lupa, lupa sama hakikat kita melakukan hal itu, lupa ngajak ke Allah nya.
Yang saya pernah rasakan ketika lupa sama hal itu, saya seneng acara-acara yang diadain rame, semua merespon, semua senang, hore-hore. Setelah itu mikir, "aku ngajak orang kemana sih?"

Orang yang udah benar-benar berhasil kita ajak, kalau ngga ada follow up nya, kasian. Mereka tuh pengen loh tersentuh sama ayat qur'an, mereka pengen loh ada penyejuk jiwa dari kekeringan, ngerasain nikmanya iman. Semua tuh pada akhirnya pasti pengennya begitu, karena itu yang dibutuhkan.

Cara dakwah bisa banyak dan asik-asik. Sekarang gimana caranya supaya hakikat utamanya ngajak ke Allah bisa jadi energi untuk membuat berbagai hal menarik, kreatif dan asik.

Bandung, 11 November 2012

No comments:

Post a Comment