Friday, October 29, 2010

remembering KRIMA :)

Rasanya sudah terlalu lama kutinggalkan tempat ini. Tempat dimana biasanya kuhabiskan dua kali malamku, di akhir pekan. Jumat malam dan sabtu malam pukul 19.00. Dua hari itu selalu menjadi malam yang paling kunanti-nantikan, bahkan ketika aku sedang dilarang kesana karena sibuk UAN SMA jaman dulu. Dua hari yang bahkan tak penuh dua hari, hanya total 4 jam, namun memberi ‘ruh’ tersendiri bagi aku pribadi : KUMPUL KRIMA

Ijinkan aku untuk mengenangnya kembali.
Pertengahan 2006
Kelas 3 SMP, bulan-bulan menjelang UAN. Malam itu kudengar suara halo-halo (pengumuman) dari mesjid al-muhajirin dekat rumahku. Isi beritanya adalah bahwa di mesjid sedang ada acara. Saat itu aku tak jelas mendengar isi beritanya, yang kutahu hanyalah: AKUHARUS DATANG karena acara dimesjid itu yang ngadain KRIMA. Kemudian kuajak adik semata wayangku, ifa. Berbagai ajakan kulancarkan, namun dia tetap tak mau ikut. Aku tak peduli, akhirnya aku memberanikan diri untuk pergi sendiri. Dengan tampang polos ku duduk di samping pak kusir yang sedang bekerja.. (maksudnya duduk aja sih) tanpa kenal orang-orang sekitarku. Ternyata nama acaranya “NAPAK TILAS KRIMA”, seru banget. Keinginanku untuk masuk KRIMA semakin memuncak, kuberanikan diri buat nanya a’vq (gegedug KRIMA), “a,kalo mau masuk KRIMA gimana caranya ya?”. Ternyata mudah, keesokan harinya aku disuruh datang ke rumahnya karena ada acara ngeliwet bareng. OKEEE, aku dataaaang bawa si ifa. Ga ada kata lain buat ngegambarin perasaan aku saat itu, SENENG DAN NYAMAN BANGET.

2006-2009
KRIMA sedang dalam masa kejayaannya. Konon cerita, jaman dulu mereka Cuma kumpul setaon sekali waktu bulan ramadhan doang buat jadi panitia sanlat. Tapi sekarang, kumpul rutin 2kali seminggu setiap jam 19.00-21.00 di hari jumat dan sabtu. belum lagi ditambah hari ‘ngebultang’ setiap hari minggu.

Inget ini ga?
 kita pernah ada BBAQ (Belajar baca tulis al-quran) setiap jumat/sabtu sore, Setiap abis maen bultang di GOR  kita sering ngejarah rumah orang buat ngeliwet, bikin mabok (majalah tembok-red)walopun ga rutin, beberes sekre krima, sempit-sempitan kumpul di sekre krima, kunjungan ke remaja mesjid lain (yang dulu pernah kuanggap “wah alhamdulillah al-muhajirin remaja nya aktif nih”), ngadain baksos ke panti asuhan, jadi panitia bazaar bantuin bapak2 DKM, nampil kabaret di acara 17an, event2 PHBI (peringatan Hari Besar Islam) yang karena itu kita juga jadi rajin kumpul, taun baruan bareng sambil bakar jagung,

Terus terus, waktu bulan ramadhan kuliah subuh sampe duha bahkan dzuhur sambil kejar-kejaran targetan tilawah trus lanjut maen monopoli ato catur, jadi mentor pesantren kilat, bantuin mang jamal nyedian ta’jil di mesjid sehabis sanlat, fya nangis gara-gara mslh teknis di mesjid, mintain donasi ke warga2 sehabis tarawehan, tarawehan keliling masjid2 lain, ikutan sima’an wlau kadang Cuma ngincer konsumsi, itikaf (walau begajul yang penting niat), buka bareng di kfc mtc..

inget juga kan?
Rihlah-rihlah udah kita lakuin, kemping, touring, jalan-jalan.. Yang kemping ke puntang itu loh, yang fya nya kepeleset mau masuk jurang tapi selamat karena gerakan memutarnya, yang alin punggung kerok, yang augie takut ngeloncatin jurang padahal Cuma selokan, yang ‘tendanya bocor’ nya itah, yang tendanya roboh sama avq dan ifa, yang ada pos-posan, yang main perang badar perang aer, yang ada yang ngelindur, makan nasi goreng beracunnya amaki-teh resi..??
Rihlah ke cikondang, dago-maribaya, daweung, ujung berung, dll
Ya Allah, aku rindu masa-masa itu kawan..

2009-2010
Belakangan aku sedih, saat kutahu ternyata kumpul krima sudah tak serutin dan serapi dulu. Beberapa penyebab yang kurasa:  transisi para KRIMAers menjadi lebihtua (naik tingkat), gegedug mulai pada lulus, event-event PHBI yang biasanya dijadikan momen berkumpul banyak berkurang (entah dilarang para tetua-tetua atau gimana gatau)..

Pokonya..
Dari sini, aku merasakan bekal  yang paling kekal dan terasa sampai sekarang. Dari sini kemampuan organisasi ku diasah, dikenalkan dengan amalan yaumiyah, dengan permainan konyol yang dengannya ku tak pernah bosan(black magic, dll), persaudaraan islam, lifeskill, softskill, hardskill..
Dari sini kudapatkan nyamannya punya saudara, pentingnya saling menghargai perbedaan, jiwa kompetisi, saling memberi, kekeluargaan..
Makasih buat para GEGEDUG dan GEGEDIG.. J

Ya kawan, bahkan aku mungkin baru tersadar sekarang bahwa apa yang kupunyai sekarang adalah hasil jerih payah kalian. Sungguh merupakan suatu kehormatan aku pernah diamanahi memegang sanlat di 2008. Disini ingin kusampaikan rasa terimakasih dan maaf sedalam dalamnya..
terus, Materi tambahan yang awalnya kupikir terlalu berat (‘ring2’ dan’cape’)sekarang baru kurasa manfaatnya. Kepercayaan kalian lah yang membuat aku tetap berada di jalan ini, di jalan dakwah..

Aku minta maaf. Maaf ketika kami diberi tongkat kepemimpinan kami belum siap. Maaf ketika kalian mengatakan akan melepas kami tapi akhirnya selalu tak jadi,aku tahu kalian masih sayang pada kami, pada KRIMA. Percayalah, ketika kalian lelah menghadapi kami yang tak kunjung dewasa, kalian telah memberi berjuta manfaat bagi kami..

Nyaris 4 tahun sudah aku berada di sini, di keluarga ini. Mohon maaf atas segala kekurangan,
Tulisan ini kudedikasikan untuk semua anak KRIMA. Tujuannya buat nostalgia dan kalo bisa nyuntikin semangat lagi di hati kalian.
Pesantren kilat 1431 H kali ini semoga dapat lebih baik dari sebelumnya.. Kealpaan ku beberapa bulan terakhir (krn nge kos) akan kutebus dengan semangat ku saat ini. (soalnya aku udah balik kemargahayu lagii ^o^)

SEMANGAT YA BUAT YANG MUDA-MUDA,
MAAF LAHIR BATHIN
TINGKATIN IBADAH-IBADAHNYA YA
FYA SAYANG KRIMA
:’)

End:  10agustus 2010, 23:48

No comments:

Post a Comment