Sunday, October 31, 2010

daripada ngiler ato bengong di angkot, mending...



Lelaki berbaju biru itu dengan sgera menaiki angkot yang sedang kutumpangi. Sekilas hanya kulihat perawakannya sedang, berjanggut tipis, dan membawa tas pakaian besar, serta map di tangan kanannya. Lelaki itu buru-buru masuk karena lampu stopan sudah menunjukkan warna hijau tanda mobil harus ber     jalan lagi. Ketika itu aku dalam perjalan ke kampus. Jarak rumah-kampus yang cukup jauh sekitar satu jam perjalanan serta kelelahan yang mendera belakangan ini membuatku terkantuk-kantuk hingga akhirnya memutuskan untuk tidur saja :p
Segera setelah lelaki itu duduk di kursi paling dekat dengan pintu, dengan mantapnya ia mengeluarkan mushaf al-qur’an dan membacanya perlahan. Tak terasa aku malah berusaha mendengarkan ayat-ayat yang dilantunkannya, samar-samar namun jelas terdengar. Ada perasaan aneh yang tiba-tiba mengalir di jiwa ini. Takjub, sekaligus malu. Ketika itu rasanya aku tersihir. Bukan, bukan olehnya. tapi oleh pikiranku sendiri. Kau tahu apa yang kupikirkan?
Aku memikirkan apa yang kulakukan selama di angkot tadi. Setelah kutelusuri, selama satu jam perjalanan kebanyakan kupakai tidur, dan kalau terbangun aku hanya bengong, lalu kembali tidur lagi. Otak kiriku mulai melakukan perhitungan-perhitungan. rasanya aku telah rugi satu jam. Satu jam yang seharusnya bisa kumanfaatkan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan, tilawah al-qur’an.
 kucoba untuk mencari sebab-sebabnya. Mushaf selalu di tas, tapi kenapa kadang enggan untuk membacanya di angkot? Ga ada larangannya kan? Coba kurumuskan penyebab orang-orang juga ngga membacanya di angkot:
1.       Kadang merasa malu sama orang lain. (padahal ibadah, tapi malah lebih takut sama orang dari pada sama Allah)
2.       kadang timbul perasaan “takut riya” ato takut dijudge org sbg orang yang sombong (padahal kalo udah mikir gini biasanya niatnya kurang lurus)
3.       mendingan belajar bahan buat ujian (malemnya ga sempet belajar -_-)
4.       emang lagi males baca
5.       emang ga bawa
6.       pusing kalo baca di angkot (Alhamdulillah kalo baca Al-qur’an sih ngga, tapi kalo baca textbook….)
7.       ada temen, jadi ngerumpi
8.       ngantuk
9.       takut disangka teroris (ni aneh banget dah)
10.   dll

Dari penyebab-penyebab di atas, pinter-pinternya kita buat ngondisiin. Sadar kalo waktu terlalu berharga untuk disia-siakan, luruskan niat hanya karena Allah (ini yang sulit tapi emang fundamental). Emang manfaatnya apa sih? Yang pertama pasti buat diri sendiri (pahala, ketenangan diri, nge-charge ruhani dll) & syiar agama. Tapi ada hal-hal yang musti diinget.
1.       Pas lagi baca, jangan mager (males gerak) kalo emang harus pindah
2.       Volume disesuaikan (ga usah keras-keras, asal pelafalan kita juga tetep bener)
dan,
3.       kalo ada penumpang baru, kasi senyum yang terindah hehee :D

Jadi buat yang rumahnya jauh, trus bingung di jalan mau ngapain, daripada cuma bengong liatin jalan yang dari dulu itu-itu aja, JANGAN RAGU BUAT BACA AL-QUR’AN DI ANGKOT! YEAAH!
Menurutku gak ada salahnya kok. Selama bacanya pake etika, ngga nyusahin orang dan ngga sambil salto ato roll depan (yaiyalah), it’s OK.

Rasanya cukup. Maaf bila terdapat banyak kesalahan. Yang benar datangnya hanya dari Allah, yang salah dari diri pribadi. Semoga bermanfaat! :D


2 comments:

  1. yah hajah bikin ngiri yang naek motor ga bisa baca apa2 heuuu :'(
    tapi bisa dengerin mp3 ko..
    btw izin nge-link ya

    ReplyDelete
  2. yang naek motor bisa baca rambu-rambu lalu lintas hap
    hehehe
    bole bole aku juga ya :)

    ReplyDelete