Friday, January 27, 2017

My NHW #1 Matrikulasi IIP Batch 3 : Pilihan Jurusan Ilmu di Universitas Kehidupan



NICE HOMEWORK #1
ADAB MENUNTUT ILMU
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #3, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.
Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.
Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:

* * * * * * *

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Bagi saya, NHW pertama ini cukup menantang karena kita sudah diharuskan untuk menentukan, mengambil keputusan mengenai jurusan ilmu yang akan ditekuni dalam universitas kehidupan ini.

Untuk mengisinya saya membutuhkan waktu cukup lama untuk mengumpulkan dulu apa apa saja yang menjadi ketertarikan saya. Bagi saya saat ini, rasanya masih sulit untuk fokus pada 1 topik pembelajaran, sementara masih banyak hal lain yang juga ingin dilakukan. Ada kalanya saya merasa jurusan yang saya pilih lingkupnya terlalu kecil, ada kalanya juga saya merasa terlalu luas (sehingga justru tidak fokus). Ada juga topik ilmu yang isinya tautan dari 2/lebih ketertarikan saya, apakah itu bisa? :)

Ini beberapa contoh pilihan topik jurusan yang saya kumpulkan : ilmu parenting, ilmu parenting islami, ilmu parenting nabawi, ilmu keluarga, ilmu agama islam, ilmu islamic lifestyle, ilmu desain grafis, ilmu kepenulisan, ilmu kepenulisan islamic lifestyle, ilmu gizi, ilmu perkembangan manusia, ilmu Keibuan, ilmu Pendidikan, ilmu manajemen diri, ilmu enterpreneur.

Diantara semua hasil brainstorming itu ada yang memang sudah merupakan cabang ilmu, ada pula yang murni merupakan hasil pemikiran saya sendiri, jadi tak perlu kaget ya kalau aneh aneh ^^
Akhir cerita saya menimbang hal apa yang begitu penting bagi diri saya dan orang terdekat saya, minimal saat ini. Karena saat ini saya diharuskan fokus dalam mempelajari ilmu nya, mencari sumber ilmu, dan memperdalam maknanya untuk saya. Satu hal penting lainnya, saya ingin jurusan yang saya pilih itu bermanfaat dan bisa diamalkan. Sudah cukup sekedar menulis setumpuk  catatan, namun masih minim aksi. 

Bismillah..
Jurusan Ilmu Parenting Nabawi
(Bagaimana ilmu menjadi orangtua /teman/kakak sesuai dengan yang dicontohkan rasulullah saw & para sahabat dalam islam serta tuntunan alquran; Memahami tumbuh dan kembang seorang manusia sehingga paham bagaimana seharusnya menjalaninya)

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Sebagai istri dan ibu, saya masih sangat kurang ilmu. Kurangnya ilmu membuat amal menjadi kurang maksimal, padahal itulah salah satu jalan ikhtiar saya untuk mendapat ridha Allah dan memasuki Jannah nya kelak.
Saya ingin bisa menjadi teladan yang baik dan punya cara membimbing yang baik bagi anak saya dan adik adik binaan saya dan mengerahkan yang terbaik untuk Allah sesuai teladan rasulullah dan para generasi terbaik.

Sejak sma saya sudah tertarik dengan bidang pengembangan manusia, pembinaan, kaderisasi. Ditambah pengalaman menjadi guru privat, kakak mentor di SMA, di organisasi pemuda dekat rumah, dan menjadi guru di SD, membuat saya merasa ini salah satu peran yang bisa saya ambil. Apalagi sekarang sudah mrmiliki anak, sementara saya pribadi masih merasa perlu banyak perbaikan.

Dari sekian banyak ilmu parenting yang didapat, saya merasa tercerahkan dengan konsep ilmu parenting nabawiyah yang diusung oleh ust budi ashari.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
- menambah ilmu dengan membaca minimal 1 topik perhari
- mengikat ilmu dengan menuliskan ikatan makna yang didapat
- mengikat ilmu dengan repetisi berbagi pada orang banyak berupa artikel dalam blog : jannah-family.blogspot.com
- mencoba mengaplikasikannya kepada anak dan adik-adik binaan.
- melakukan pengayaan materi dengan jaulah/wawancara pada narasumber 1 pekan sekali.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Perubahan mindset pada awalnya.
- niat ikhlas untuk melakukan amal terbaik
- kosongkan gelas saat menerima ilmu. tidak sok tahu atau merasa pintar saat menerima materi.
- terbuka dengan informasi, namun  tetap memfilternya dengan melakukan perenungan.
- disiplin waktu, dan target.
- berusaha lebih dekat dengan narasumber/sumber ilmu dengan lebih intens berkomunikasi dan menghormatinya.

* * * *

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia

Salam (calon) Ibu Profesional,
Hajah Sofyamarwa Rachmawati
Jumat, 27 Januari 2017

No comments:

Post a Comment