Wednesday, February 6, 2013

lingkungan yang bikin tumbuh

"sebenarnya kita ga butuh lingkungan yang hebat,
yang kita butuhkan adalah lingkungan apapun yang bisa membuat kita terus tumbuh dan berkembang..."

Tumbuh yang kumaksud bukan dalam aspek fisik, karena secara fisik tubuh kita pasti terus tumbuh, ya toh?

Lintasan pikiran yang kudapat dari pengamatan dalam sebuah komunitas yang sudah lama sekali kuikuti. Orang datang dan pergi. Berubah, tumbuh (seharusnya).

Teori tentang pengaruh lingkungan terhadap perkembangan diri kita pasti sudah sering dengar. 
Logikanya, lingkungan yang baik akan memberi dampak baik terhadap kita. Sedangkan lingkungan yang buruk akan memberi dampak yang buruk terhadap kita. Kita semua setuju tentang logika itu, tapi kenyataan yang terjadi memang tidak sesederhana itu. Yang terjadi bisa sebaliknya, sudah banyak contohnya.

Dulu kupikir kita harus dapat lingkungan yang hebat-hebat. yang orangnya udah wow gitu.
tapi ternyata tidak, di lingkungan manapun kita bisa hidup dengan baik. Mungkin lingkunganmu saat ini belum sukses, atau tidak seheboh lingkungan lainnya. Kau bisa berpikir bahwa kau tidak mengikuti teori tadi. Ketika kamu gagal, kamu sangat mungkin menyalahkan lingkungan. Tapi apa gunanya? Yakinlah, waktu akan membuktikan nantinya, mungkin kita hanya perlu bersabar, dan bersyukur dengan apa yang ada sekarang. Pada akhirnya yang salah bukan lingkungan, tapi cara pandang dan sikap mu mengenai lingkunganmu.

Dan kalau kau kini merasa di lingkunganmu hebat-hebat, perhatikan lagi, jangan sampai terlena, pastikan kau benar-benar belajar, benar-benar dapat tumbuh.

bagaimanapun kondisi lingkunganmu, kamu punya kekuatan untuk memilih dan memutuskan mana yang benar-benar baik. Menurutku, itu sih sebenarnya yang esensial. Allah juga bilang gitu kok (inget QS Ar-Rad ayat 13)

yeyeye! di usia segini baru memaknai kembali beberapa istilah.

#selftalk
Jl Pelesiran 20a
6 Februari 2013

*internet disponsori oleh chamar, hehe numpang ya chaaam :D

No comments:

Post a Comment