Sunday, April 15, 2012

Bapak Asrama Sepanjang Masa


Saya bersyukur setiap pekannya  --paling tidak--, mendapat sentilan inspirasi bergizi dari Mas Agung (begitu kami biasa memanggilnya) yang senantiasa istiqamah mengiringi setiap usrah asrama kami setiap sabtu pagi ba'da subuh.
Saya tidak tahu berapa tepatnya usia beliau, mungkin sekitar 50 tahunan, dengan beberapa helai rambutnya yang  kombinasi putih-abu. Seorang yang juga dosen di Teknik Sipil ITB yang dengan manisnya sering diiringi oleh istrinya, Bu Yani. Ibu  dokter cantik yang tidak kalah ramah dan bersahajanya :)

Di bawah ini, beberapa kalimat-kalimat sakti beliau yang rasanya tidak mungkin saya lupakan:
  1. Cepat lulus cepat menikah
  2. Selamat berjuang
  3. Temukan dirimu, temukan Allah
  4. Be proactive
  5. Dan beberapa lainnya.

Tanpa kenal menyerah beliau selalu memotivasi kami dengan cara-cara yang tidak biasa. Kalau boleh saya pinjam istilah dari Deka Kurniawan tentang bagaimana ia menggambarkan sosok seorang Anis matta, Mas agung itu seperti ini:
"Lelaki akhirat, yang kekentalan tashawur ukhrawi nya tercermin pada gelora jihad.  Seorang yang juga berjiwa pahlawan, atau seorang yang hidup dan berkarya bukan untuk dirinya sendiri."

Senantiasa berupaya membuat kami lebih aktif dalam diskusi, memiliki gaya biacara yang sangat ahsan dengan sebaik-baiknya penjelasan agar kami semua memahami.
Beliau selalu mengupayakan keseimbangan antara prestasi dunia kemudian membalutnya lagi dalam nuansa akhirat.
Rasanya beliau sudah sangat dekat dengan Allah, enak ya?

Ngga kerasa masa waktu di asrama tinggal kurang dari 3 bulan lagi.
Usrah dengan mas agung lah yang membuat saya ingin masuk asrama salman di awalnya, dan usrah dengan mas agung juga lah yang tidak mungkin saya lupakan hingga keluar nanti.


Barakallah Mas Agung dan Keluarga! :)

---------------------------------------------
Penyebutan panggilan mas agung karena ada semacam kultur  sejak dulu disini, bahwa seberapapun usiamu, pengurus dan pengurus lainnya memang saling memanggil mas. Walaupun bukan dari Jawa juga. hehe

15 April 2012
00:01
kamar 406

No comments:

Post a Comment