Tuesday, December 20, 2011

bukan bodoh, namun belum menemukan energi minimumnya..


"Tidak ada manusia yang bodoh. Hanya saja, manusia seringkali salah tempat dan tidak menemukan energi minimumnya." 

Demikian disampaikan Alfathri Adlin, pengkaji budaya dan agama, pada kuliah umum bertajuk Pendidikan dan Agama di Gedung Sayap Selatan (GSS) C Masjid Salman ITB pada Senin (29/11) malam.
 Kegiatan ini merupakan rangkaian serial kuliah umum Beragama dalam Pergolakan Budaya yang diselenggarakan Divisi Pengkajian dan Penerbitan (DPP) YPM Salman ITB.

Dalam hal ini, Alfathri mencontohkan dengan Albert Einstein, si penemu teori Relatifitas. Einstein ketika Sekolah Dasar, memiliki nilai buruk di setiap mata pelajarannya, kecuali Matematika. “Namun, ketika sudah dewasa, siapa sangka pada abad 20 ini kita mencatat Einstein sebagai orang yang jenius?” tanya Alfathri pada peserta kuliah.
Pun dengan Thomas Alfa Edison. Alfathri bercerita ketika Edison duduk di Sekolah Dasar, dia dipulangkan dari sekolah karena bodoh dan tidak bisa diajari oleh guru. Meskipun begitu, Edison bisa menjadi penemu bohlam.

Lebih lanjut, Alfathri menuturkan bahwa orang-orang seperti Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison tampak bodoh karena mereka hanya memiliki 1 kemampuan.
 Namun, Einstein dan Edison mampu menemukan energi minimumnya dan mengoptimalkan kemampuanya. Sehingga tak heran bila mereka bisa tercatat dalam sejarah sebagai orang-orang yang mengubah dunia.
Dalam hal ini, Afathri mengibaratkan lampu berdaya 10 watt. Bila sebagai bohlam, lampu tersebut hanya digunakan untuk tidur. “Namun lihat bila (lampu berdaya 10 watt) difokuskan menjadi laser. Daging pun bisa tembus,” tandas Alfathri.
Pun dengan manusia, lanjut Alfathri. Bila perhatiannya buyar ke berbagai hal, diibaratkan seperti minyak tumpah di lautan. Minyak tersebut tampaknya menyebar. Namun bila manusia mencelupkan jarinya, akan diketahui bahwa lapisan minyak tersebut dangkal.
“Lebih baik menguasai satu bidang, tetapi fokus, dibandingkan banyak bidang tetapi dangkal,” nasihat Alfathri.

source : http://salmanitb.com/2010/12/bukan-bodoh-hanya-tidak-menemukan-energi-minimum/
written by : Yudha P Sunandar
image source : www.wallpaper23.com/full.asp?ID=2720&R=1680x1050

No comments:

Post a Comment