Monday, January 24, 2011

harus melek teknologi! :p

ilustrasi : ifajarwidi.blogdetik.com

Beberapa kali saya mengalami ini. Mungkin akan terdengar konyol, tapi yaa, itu terjadi.
Pernah mengalami rapat/diskusi yang tidak efektif karena sebuah teknologi?
Hehe, saya pernah.

Waktu itu saya sedang diskusi bareng teman 1 kelompok Proanfiswan (Proyek anatomi & fisiologi hewan-red). Jadi tugasnya itu bikin proposal penelitian dari proyek kita. Tiap orang (ada 7 org) udah punya tugas nya masing-masing, nantinya tinggal dikompil dan disusun aja. Tapi saat itu kita masih nge-stuck, ada beberapa poin yang belum bisa kita pahami. Nah, biasanya waktu kumpul kelompok, nih hobi kita itu ya ngobrol dulu macem-macem, trus baru sadar kalo yang bawa leptop Cuma dikitan (2 org)
“Wah yang bawa leptop Cuma 2? Trus gimana dong kan kita mesti cari literatur juga. Tonton, ambilin leptop barbar sekalian ngambil alatnya ya? Vania juga mau ngambil dulu? Sok atuh.”
Walhasil mereka pulang dulu ke kosan masing-masing. Sambil nunggu, ya ngobrolin proyek sambil ngalor ngidul.
Cukup lama mereka berdua baru dateng. Leptop udah tersedia, 4 biji. Masing-masing fokus ke leptopnya sambil nyari referensi. Mungkin dapet sih, tapi kenapa rasanya masing-masing kita itu ngga fokus, ga sehati gitu. Zzzzz
***************************

Masih dengan kelompok proanfiswan saya yang sama. Saat itu kita kumpulnya fullteam, semua hadir. Kumpulnya di comlabs, semua pada bawa leptop, kecuali 1. Hari itu seharusnya pol-pol-an bahas bagian pembahasan. Masing-masing orang nyari ilham dari browsingan di leptop, banyak diselingin hal-hal lain karena leptop masing-masing menampilkan hal lain yang enak buat dibahas. Entah kenapa diskusinya rada ga efektif juga. Aneh.
******************************

Rapat lain, perkumpulan lain. Agendanya presentasi slide bikinan masing-masing. Slide itu harusnya dikumpulin ke satu komputer yang nyambung ke infokus. Katanya dikirim pake ad hoc aja, biar cepet. Oke, makanan apa tuh, waloupun gapaham saya coba ikutin caranya. Pake fitur itu bikin kita ga perlu pake flash disk kalo mau tukeran data, udah pake IP apaa gitu. Wuih canggih! (katro -_-) Entah kenapa komputer kita ga terhubung-hubung, jadinya lamaaa banget. Setelah dipikir-pikir, tau gini pake flash disk aja biar cepet. Halah halah.
******************************

Cerita lain, dengan orang-orang yang berbeda. Ceritanya agenda kita sore itu nyocokin jadwal, dan ngobrolin beberapa hal. Posisi kita bertiga deketan, ceritanya kita mau tuker-tukeran file.
“Di apload aja di grup ya, ntar kita tinggl download”
“oke.” Trus “eh koneksi wi-fi nya mati nih, gabisa bisa.”
“wah? Saya bisa tuh, yaudah tungguin aja.”
Dan selama beberapa waktu (yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk membahas agenda), kita fokus sama leptop masing-masing, ngoprek spy internetnya jalan. Lamaaaa..akhirnya diputuskan pake flash disk aja. Gitu kek dari tadi hehe.

**********************************
Cerita di atas berkisah tentang pemanfaatan teknologi yang belum optimal. Ssaya khususnya, sebagai manusia yang kurang canggih (baca: agak katro) emang belum bisa mengoptimalkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Hehehe :p
Saran (buat pribadi juga), kalo rapat fokuslah sama agenda rapatnya (jgn kaya saya). Terkadang leptop terkesan dibutuhin ketika rapat, tapi ga mesti semua bawa kaan? Pas udah pada bawa, fokus kita malah pecah kemana-mana. Tergantung tujuannya sih. Toh kalo nyatet bisa pake pulpen ama kertas, tar hasilnya tinggal di ketik dan dibagiin ke yang lain. Notulensi pake tulisan tangan jadi lebih bebas loh! (saya suka sambil gagambaran)
Tentang ad hoc network, Itu fitur canggih, kawaan! Haha. Bisa sharing konektivitas internet kalo udah tersambung, trus bisa tuker-tukeran file tanpa perlu colak-colokin flash disk. Kayanya manfaatnya masi banyak (maen game, dll), tapi itu yang udah saya rasain hehe.

:D

No comments:

Post a Comment