Tuesday, August 4, 2015

[WUB JABAR] Serunya 5 Hari Pelatihan Wirausaha

Sempat shock dan bimbang ketika tahu kalo saya kebagian jadwal pelatihan tanggal 23-27 juni 2015. Kalian tau kenapa? Ya, karena itu sudah masuk bulan ramadhan, dan ngga terbayang sama saya bakal ninggalin suami kalo saya harus nginep 5 hari.

Di tambah lagi, saat itu suami sedang masa-masa kritis sidang thesis 1 nya, makin lah merasa takmungkin kalau harus meninggalkan suami sendirian hehe.

***

Saya termasuk dalam angkatan ke 13, kelas A. Dalam satu kali pelatihan ini, jumlah peserta sekitar 100 orang, dengan jumlah masing masing kelas 25 orang saja. Asing. Ya, semuanya orang-orang baru, dari berbagai daerah di jawa barat dan  dari berbagai latar belakang. Saya semakin tersadar, beginilah rasanya ketika sudah tercampur baur dengan masyarakat, hidup berdampingan dengan masyarakat yang beraneka ragam. Kalau dulu kehidupan kampus kan cenderung homogen.

Kelas A ini lumayan ajaib, hehe, kebanyakan dari kota bandung, jadi ngga semua bermalam di asrama. Biasa, awalnya kaku kaku, tapi menjelang akhir pelatihan, sedih juga mau pisah. Perasaan baru aja mulai ko udahan lagi ya, hiks.. :"(

***
Hari pertama dan terakhir kami diwajibkan menggunakan pakaian hitam-putih, biasa, untuk opening ceremony. Dimulai dengan apel, sambutan sambutan dan pembukaan secara simbolik.

Apa aja sih kegiatan Pelatihan Percetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru Jabar ini?
Hari ke 1-3 cenderung banyak pembelajaran di kelas (untuk kelas kecil), dan di aula (untuk kelas besar, kayak kuliah umum). Agak sedikit bosan, tapi materi-materinya bermanfaat dan memang diperuntukkan bagi para pemula, insyaallah. Sore hari menjelang berbuka diisi dengan ceramah kultum dari ustadz untuk mengantarkan pada waktu berbuka puasa.

Hari ke 4-5 semakin seru karena dibumbui dengan simulasi dan praktek. Ini dia!
Di Hari ke 4 waktu berjalan begitu cepat karena sedari pagi kami simulasi berbagai bussiness game dalam tim. Hari ke 5 ada make-up class! Hihi. Sebelum dimulai, dapat materi dari bu hajah una, founder dari LKP Una yang levelnya udah melangit dalam dunia kecantikan hehe. Kelas ini juga disponsori oleh rivera make up, jadi kita dikasi tahu dasar2 make up sederhana, dan dipraktekin berpasang-pasangan. Yeay!

***

Fasilitas kamar asrama bagi para peserta Wirausaha Baru Jabar di Dinas KUMKM, BALATKOP.
Dari 5 hari pelatihan, akhirnya saya menginap juga di hari ke 3-5. Alhamdulillah sidang thesis suami kelar di hari 1 dan 2 :) tetep aja ngerasa ngga enak karena harus ninggalin suami. Tapi insyaallah udah dapet ijin dan udah dipertimbangin sebaik-baiknya supaya lebih maksimal disana :) 

Sekamar untuk 4 orang, dan karena saya kebagian sendiri, akhirnya ngungsi cari kamar lain. Temen sekamar saya ibu-ibu dan udah malang melintang di dunia persalonan dan keluarga. Jadi ngobrolnya panjang kali lebar sampe malem banget, dan saya mensyukuri itu. Banyaaak sekali pengalaman-pengalaman tak terduga yang mereka alami. Ceritanya macem macem deh, dari mulai bisnis jatuh bangun rugi milyaran, kisah mualafnya, kisah di pekerjaannya, kisah kehidupan keluarganya, dll. Saya yang usianya masih bau kencur ini baru bisa mendengarkan dengan baik dan berusaha ambil pelajarannya. Nice!

***

Nah ini beberapa foto dokumentasi bareng temen temen kelas A, ini pada habis kelas makeup jadi rada menor hehe.


Nah kalo yang ini, bu uchi. Kepala pelaksana pelatihannya. Sejak awal perjumpaan, saya sh udah ngefans banget sama beliau. Orangnya tegas, to the point, dan blak blakan. Tapi kocak dan enak banget kalo diajak ngobrol. :D makasih ya buu :D


MATERI
Penasaran materinya nya apa aja? Di lanjut di post berikutnya ya :))

3 comments:

  1. Th mau tanya sy juga tahun ini mau pelatihan boleh tanya beberapa pertanyaan atau ada contact yang bisa di hubungi ?

    ReplyDelete
  2. Haduh maaf pisan baru kebacaa
    Iya mangga teh, by line hajahsofya atau bbm 7cd09de1 kalau butuh kontak dari wub nya, nanti ku kasihkan ya. Kmrn yg ngehubungi langsung bu uchi nya.
    Kooperatif banget kok. Kalo ada apaapa tinggal kontak aja ke sananya :D

    Btw teh dian angkatan brp dan jdwal nya kapan?

    ReplyDelete
  3. Teh emg boleh pulang yah kalo rumah di bandung ..

    ReplyDelete