Thursday, June 27, 2013

TA : topik yang bikin heran


Pernah ga sih ketika kamu udah dalam proses ngelakuin sesuatu, kemudian galau dan berpikir bahwa 'sebenernya yang kulakuin itu penting ga sih?'

Dalam kasus ini, tentang topik tugas akhir.
Dulu waktu saya sedang berapi-api, punya pikiran bahwa TA saya ini harus yang aplikatif, bermanfaat dahsyat buat para penduduk bumi. Berpikir harus spektakuler, dan gak mau sama yang 'Cuma gitu doang'.
Objek penelitian tentu harus cari yang berpotensi tinggi. Dalam kasus saya opsinya makhluk hidup ,fokusnya tumbuhan. Something yang dia mengandung metabolit apa lah, potensi obat apa lah, harga jual menjanjikan lah, secara fisik juga menarik lah, pokonya yang semua wah.

Ketika idealisme luntur, dikejar waktu atau senjata andalan orang pleghmatis macam saya "yaudahlah- itu-aja" maka pikiran tentang hal-hal spektakuler tadi seperti ditelan bumi.

***

Di suatu sore yang kelabu di dalam rumah kaca. Tiba-tiba bapak datang. Sebelumnya sempat telepon sih, katanya habis dari IOM.

Saya lagi ngurusin si salvinia, nyiapin buat tahap perlakuan logam berat tea.
Terus bapak saya bilang sambil bercanda,
"kalau kamu yang beginian dirawat ya, sama bapak mah yang begini dibuang."

Haha. jleb --___--
Tapi ga diambil hati kok :D
Lucu aja.
Emang ni taneman hama di sawah. Invasive dan jadi masalah besar di banyak negara. Hihi. Terus heran kenapa si gue malah ngambil topik itu
hehe

Sabar. Namanya penelitian mah kan mengungkap apa yang terjadi di alam. Kalau pun ga komersil, ga spektakuler, ga papa. Bukan itu kan tujuannya. Namanya juga belajar. Mudah-mudahan niatnya bener dan pasti ada manfaatnya :)

Yeay!
\(^o^)9
Sekitar pertengahan juni 2013



No comments:

Post a Comment