Monday, June 13, 2011

Memusuhi Kejujuran

bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum..

udah lama ngga nulis dan tulisan yang dimulai ini harus dirampungkan hehe :)
barusan, 13 Juni 2011 sekitar pukul 19.55, saya nonton salah satu TV swasta, -sebut saja Metro TV-. Nama acaranya Suara Anda, liat nya sekilas banget, tapi ini yang bikin saya pengen nulis ini. Judul beritanya “memusuhi kejujuran”.

http://www.onlineedublog.com/eliminate-cheating-online-exams/

Berita itu nyeritain seorang anak SD di Surabaya. Dia disuruh oknum gurunya buat nyebarin kunci jawaban ke temen-temennya. Karena mungkin ga sesuai sama prinsipnya, dia cerita ke ibunya, kemudian ibunya lapor ke walikotanya. Walhasil Jabatan sang kepala sekolah dicopot, dan 2 oknum guru lainnya diturunkan jabatannya. Hebat kan anak itu? Tapi tau akibat yang dia dapet dari kejujurannya? Keluarganya diusir dari tempat tinggalnya. Mungkin warga sekitar yang punya anak di sekolah itu merasa anak ini so’ pahlawan dan membahayakan ujian anaknya. Susah ya jadi orang jujur?

Kemarin-kemarin saya sempet dapet cerita, kunci jawaban UAN anak SMP banyak beredar. padahal kalo diinget-inget, jaman SD SMP dulu belum ada tuh yang namanya kunci jawaban. Rasanya nyesek aja, bahkan orang yang paling jujur pun bisa jadi ngga percaya diri sama hasil kerjanya sendiri, kemudian menyimpan kuncinya, paling enggak untuk ‘nyamain di akhir’.

Sempet juga saya denger di radio, soal Ujian Akhir sampai musti di kawal sama polisi, lalu dipersiapkan berbagai macam sistem untuk menghindari terjadinya kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Ya itu, soal UAN dikomersilkan. Saya inget banget dulu waktu SMA, ada yang jualan kunci jawaban, dan kita tinggal bayar 50.000. (Alhamdulillah saya ngga punya uang saat itu, jadi ga ikut beli :p, yang pasti beruntung lah saya punya lingkungan yang baik saat itu ^^).
jadi inget juga jaman UAN SMA dulu. Lucu deh banyak SMS-SMS aneh nyebar (lihat disini).

Ternyata isu tidak jujur ini sampe juga di kampus. Sampe ada kampanye uts/uas bersih. Saya sempet mikir, emang masi ada ya anak kuliahan nyontek? Alhamdulillah saya mah udah malu ngelakuinnya. Ngerjain soal mah ngerjain aja, kalo ngga bisa dibisa-bisain sampe ngarang bebas hehe. Tapi ternyata, ya, faktanya emang masih ada.

Saya ngomong disini bukan berarti saya bersih ya, wuuiih engga sama sekali! benih-benih pas SD jg udah ada. Pake kode2an mata idung mulut jidat. Ah, aib deh kalo saya sebutin semuanya. Malah saya baru mau cerita tentang kecurangan saya waktu UAN SMA. (Astaghfirullah hajah..) silakan diambil hikmahnya ya : )

UAN SMA itu saya punya tekad buat berbuat sejujur-jujurnya. Ga ikutan beli soal, nulis kunci jawaban di kertas kecil, di tempat pensil, ato bahkan di sepatu temen (yaiyalah, ngotorin). Pokonya saya mau pake usaha sendiri. SMS kunci jawaban mulai berdatangan ke dalam HP sejak hari pertama. Alhamdulillah sampe hari kedua saya ngga peduli. Tiba-tiba di hari ketiga (besok matematika), saya didatengin setan. disuruh ngapalin kunci jawaban matematik. Disitu mulai takut, tapi tu SMS saya baca berulang kali, akibatnya rada apal nomer-nomer awal. UAN Matematika berlangsung, dan saya beneran panik karena ngerasa ngga bisa ngerjain. susah. (langsung inget pernah mimpi UAN, ga bisa ngerjain soal, terus ke kamar mandi, gantung diri -_-) saya kerjain semua soalnya sampe habis, dan, saya NYAMAIN JAWABAN SAMA KUNCI JAWABAN YANG UDAH SAYA APALIN TADI MALEM!!! ya ampun.. Tapi herannya, seinget saya sih, beda semua. (ngga tau salah baca, gatau salah ngapalnya). Abis matematik itu akhirnya saya berhasil ngusir setannya. Langsung bertekad ngga mau kaya gitu lagi, SMS kunci jawaban yang masuk inbox udah langsung saya apus. Ujian Fisika besoknya, pasrah, saya cuma bisa ngelakuin yang saya bisa. Tapi bedanya, ini lancaaaaaaaar banget, hati kayanya tentrem gitu. Saya pun bak melayang di angkasa.. (lebay). Selama UAN, setiap paginya, saya pasti mampir dulu ke mesjid sekolah, ketemu sama temen DKM, kebawa rajin nge-duha, tilawah dulu. Kami biasa berdoa dulu sebelum kembali ke kelas masing-masing. biar tenang.. : )


UAN SELESAI, hasil nya keluar.
nilai UAN FISIKA saya mendekati sempurna, paling bagus dibanding nilai saya yang lain,
dan kalian tahu?
nilai UAN MATEMATIK SAYA TERBURUK KEDUA dibanding nilai saya yang lain..
=============================================================================
merasa sadar dan kaya dapet durian runtuh dapet hikmah segede itu. terlepas dari soal uan fisika saat itu yang kata org memang gampang, dan matematika yang memang susah, alhamdulillah saya masih diliatin jalan yang bener.
bener banget kata orang kalo lingkungan kita bisa memengaruhi kita,
Alhamdulillah emang ga bakat nyontek juga. :)

saya inget ucapan berita tadi, lupa redaksinya sih, tapi kira-kira gini
“kalau generasi kita dibiarkan berlaku tidak jujur, kita sedang menanam koruptor-koruptor masa depan.”

Sekali lagi, kesadaran ini harus dimulai sejak kini, dari hal terkecil, dari diri sendiri. Banyak juga yang mengatakan kecurangan UAN itu karena kelulusannya ditentukan sepenuhnya oleh pemerintah, tidak adil. Tidak meratanya pendidikan di kota dan daerah, dan banyak hal lainnya. Tapi apa itu bisa jadi alasan kita melegalkan kecurangan?

Saatnya semua berbenah..
Karena kata bang napi, “kejahatan tidak hanya karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan”. Maka persempitlah kesempatan itu. Jangan sampe UAN 10-20 tahun lagi, soal ujiannya disimpen di peti besi dengan ratusan gembok, dijaga ketat polisi se-Indonesia, sejak 1 tahun sebelumnya. Ga lucu. Emang. Masalah bangsa ini udah banyak, jangan sibuk sama hal-hal yang seharusnya udah ngga kita permasalahin.

Ya, jangan salahkan siapa-siapa, mari mulai dari diri sendiri, lalu tularkan..
Saling mengingatkan ya
bismillah..

No comments:

Post a Comment